Mengenal Secara Singkat Legenda Para Servant di Fate Series (Part 1)

1. Saber (King Arthur / Arturia Pendragon)

Raja Arthur adalah raja legendaris dalam mitologi Britania Raya. Ia tinggal di Camelot dan memiliki pedang Excalibur. Beberapa orang berpendapat Raja Arthur hidup pada akhir abad ke-5 sampai awal abad ke-6. Ia mungkin seorang raja maupun pemimpin bangsa Keltik di pulau Britania.

s

Banyak buku yang telah ditulis tentangnya. Salah satu yang terkenal ditulis oleh Sir Thomas Malory. King Arthur dianggap sebagai pahlawan karena berhasil mencabut pedang excalibur dari sebuah batu dan ajaibnya hanya dia yang bisa mencabutnya. Kisah King Arthur berakhir pada pertempuran Camlann sekitar tahun 537, beliau berjuang bersama ksatrianya yang tersisa yaitu Sir Bedivere serta Sir Lucan dan berhasil membunuh sang pengkhianat Sir Mordred.

Diceritakan King Arthur mengambil tombaknya dan mengejar Sir Mordred lalu menyerangnya dari bawah perisai dan tombaknya itu menembus badannya hingga tewas. Setelah itu Sir Lucan dan Sir Bedivere membawa King Arthur ke gereja kecil dekat danau. Sir Lucan tidak dapat bertahan dan akhirnya tewas akibat banyak luka terbuka di tubuhnya. King Arthur lalu memerintahkan Sir Bedivere untuk membawa dia ke danau dan memintanya juga untuk melempar pedang Excalibur ke dalam danau tersebut. Di danau tersebut Sir Arthur dibaringkan oleh Sir Bedivere di sebuah perahu yang didalamnya ada 3 ratu berkerudung hitam yang telah menunggunya. Perahu kecil tersebut membawa King Arthur menuju ke sebuah lembah atau pulau bernama Avalon di mana sang raja di sembuhkan dari luka-lukanya.

2. Berserker (Sir Lancelot Du Lac)

Sir Lancelot merupakan salah satu Ksatria Meja Bundar dalam legenda King Arthur.

s

Dia dianggap sebagai salah satu ksatria yang paling hebat dan terpercaya oleh King Arthur dan memainkan banyak peran dalam kemenangan Arthur.

Sir Lancelot dikisahkan berselingkuh dengan Guinevere yang merupakan istri Raja sehingga menghancurkan kepercayaan King Arthur. Pada beberapa kisah dikisahkan juga bahwa Sir Mordred lah yang telah mengadu domba Sir Lancelot dan King Arthur menggunakan isu perselingkuhan antara Guinevere dan Lancelot. Hubungan antara Guinevere dan Sir Lancelot menjadi titik awal kejatuhan Arthur, penguasa paling kuat pada masa itu. Ia menghabiskan banyak waktu untuk membalas dendam pada Lancelot.

3. Saber (Sir Gawain)

Sir Gawain merupakan keponakan Raja Arthur dan salah satu ksatria yang paling setia. Gawain adalah kesatria yang sopan, tak kenal pamrih, tangguh, baik hati, setia, pembela kaum miskin, dan dijuluki sebagai ‘Maidens Knight’ sang pelindung kaum wanita. Bahkan bagi seorang Sir Lancelot, Gawain adalah teman yang paling dapat dipercaya.

d

Kekuatan Gawain tergantung pada Matahari karena, saat Siang hari kekuatannya menjadi 3 kali lipat namun kekuatannya melemah setelah matahari tenggelam. Ia juga merupakan seorang Herbalis yang pandai dalam meracik obat dan menyembuhkan penyakit ataupun luka. Ketika Mordred & Agravain membeberkan skandal perselingkuhan antara Lancelot & Guinevere ke publik Camelot, Gawain mencoba menghentikan kedua saudaranya itu tetapi gagal. Saat para prajurit mengepung kamar Guinever, Gawain tidak mau ikut ambil bagian dalam pengepungan itu. Lancelot berhasil kabur dengan cara membunuh beberapa prajurit termasuk Ketiga anak Gawain serta 2 saudara Gawain yang bernama Sir Gareth dan Sir Gaheris. Hal itu membuat Gawain dendam dan tak dapat memaafkan perbuatan Lancelot. Ketika terjadi perang Camlann, Lancelot meminta maaf kepada Gawain dan mengajukan diri ke untuk membantu pasukan Arthur. Tetapi Gawain tak mau memaafkannya dan menolak bantuan Lancelot dengan alasan tak sudi memasukkan seorang pengkhianat ke dalam pasukannya. Dendamnya ini menimbulkan malapetaka, Gawain kalah dan sekarat saat bertarung melawan pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Sir Mordred. Sebelum Gawain mati, ia mengirimi Lancelot sebuah surat permintaan maaf dan memintanya agar datang membantu pasukan King Arthur untuk mengalahkan Sir Mordred namun hingga perang Camlann berakhir, Lancelot tak kunjung datang.

4. Saber (Sir Bedivere)

Sir Bedivere adalah pendukung yang dipercaya oleh King Arthur sejak saat pertama dia memimpin dan merupakan salah satu dari ksatria generasi pertama yang bergabung dalam perkumpulan ksatria meja bundar. Dia menolong King Arthur dalam pertempuran besar Mont St. Michel, dan diberi gelar Duke of Neustria setelah itu. Dia mempunyai anak laki laki bernama Amren dan anak perempuan bernama Eneuavc.

s

Bedivere diceritakan di pertempuran terakhir dalam legenda King Arthur, yaitu Pertempuran Camlan. Hanya dia dan King Arthur yang tersisa dalam pertempuran tersebut, King Arthur memerintahkan Sir Bedivere untuk melempar pedang Excalibur ke dalam danau dan pedang tersebut disambut oleh lady of lake yang menerima pedang tersebut di kediamannya.

5. Shielder (Sir Galahad)

s

Sir Galahad dikisahkan sebagai anak haram dari Sir Lancelot. Sir Galahad adalah orang yang sangat mulia dan berbudi di antara semua ksatria di Round Table. Dalam Idylls of the King karya Lord Alfred Tennyson, ia berkata, “Kekuatanku adalah seperti kekuatan sepuluh orang, karena hatiku bening”.

s

Legendanya terutama berkaitan dengan pencarian Holy Grail yang telah digunakan oleh Jesus dalam Makan Malam Terakhir (Last Supper) dan oleh Joseph dari Arimathea untuk menampung darah Jesus pada saat Ia disalib. Sir Galahad, yang disebut sebagai keturunan terakhir Joseph, berada di antara ksatria yang menyaksikan pandangan selintas tentang Grail yang mengilhami pencarian itu.

s

Setelah bertahun-tahun pencarian, hanya Sir Galahad dan dua ksatria lain, Bors dan Percival, yang cukup sempurna untuk mendapatkannya. Dikisahkan Sir Galahad tidak mengalami kematian tetapi langsung naik ke surga.

6. Saber (Sir Mordred)

Mordred adalah salah satu Knight of Round Table yang bisa dikatakan benar-benar ingin menjadi raja dan berusaha menyingkirkan King Arthur dari tahtanya.

Mordred adalah anak dari Anna dan ayahnya adalah King Lot dari Orkney. Dikisahkan bahwa Sir Mordred mengadu domba Sir Lancelot dan King Arthur dengan menggunakan isu perselingkuhan antara Guinevere dan Lancelot hingga pertarungan di Camlann yang berakhir dengan kematiannya.

(bersambung)

sumber : wiki, google

Facebook Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!