Mengenal Secara Singkat Legenda Para Servant di Fate Series (Part 3)

13. Saber (Sigfried)

Terdapat banyak hikayat mengenai Sigfried. Pada legenda Nordik mengatakan bahwa dia adalah pembantai naga yang menyelamatkan Brynhild seperti pada bahasan artikel sebelumnya. Pada bahasan ini kita akan mengambil hikayat Romawi. Pada hikayat Romawi menjelaskan bahwa Sigfried adalah suami dari Putri Kriemhild. Dikisahkan di Kerajaan Burgundy (kini Prancis selatan) ada seorang putri bernama Kriemhild. Putri Kriemhild tidak mau menikah dengan siapapun, karena dia pernah bermimpi bahwa suaminya akan dibunuh, dan dia tidak mau ada yang mati karena dirinya.

Di Kerajaan Xanten, ada seorang pangeran bernama Siegfried. Dia adalah ksatria yang tangguh yang terkenal karena berhasil mengalahkan seekor naga buas bernama Fafnir dan merebut harta karun Fafnir, sehingga dia menjadi kaya. Setelah dia membunuh sang naga, dia mandi menggunakan darah naga itu, sehingga tubuhnya menjadi kebal. Namun ketika sedang mandi, ada sehelai daun yang jatuh di punggungnya sehingga bagian punggung tersebut tidak terkena darah naga dan tidak ikut menjadi kebal. Pangeran Siegfried mendengar tentang Putri Kriemhild, dan dia pun menuju Burgundy untuk meminangnya, namun Raja Gunther, saudara Kriemhild, tidak mengizinkannya. Meskipun demikian, Siegfried tetap menjalin persahabatan dengan Gunther dan membantunya memerangi kaum Saxon, yang kemudian berhasil dikalahkannya. Setelah itu Raja Gunther pun menikahi Brynhild, ratu Islandia. Setelah Raja Gunther menikahi Brynhild, dia memperbolehkan Siegfried menikahi Putri Kriemhild. Karena Siegfried memiliki tubuh yang kebal, dia tidak merasa khawatir terbunuh.

Pasangan tersebut tidak hidup bahagia selamanya. Brynhild mulai berdebat dengan Kriemhild mengenai suami siapa yang lebih penting dan berjasa untuk kerajaan. Hagen, yang bekerja untuk Gunther, memutuskan untuk membunuh Siegfried untuk mengakhiri perseteruan tersebut. Hagen mengetahui dari Kriemhild tentang satu bagian di punggung Siegfried yang tidak kebal, dan dia meminta Kriemhild untuk menandai bagian tersebut dengan salib. Hagen memberitahunya bahwa tanda salib itu akan melindungi bagian punggung Siegfried yang tak kebal itu. Kemudian Hagen menusuk bagian yang bertanda salib di punggung Siegfried dengan menggunakan tombak.

Akibatnya Siegfried pun tewas. Tidak hanya itu, Hagen juga mencuri emas Siegfried dari Kriemhild dan membuangnya ke sungai Rhine, supaya tidak digunakan oleh Kriemhild untuk membalas dendam.

14. Caster (Mephistopheles)

Mephistopheles adalah iblis dalam legenda rakyat Jerman. Dia awalnya muncul sebagai setan dalam legenda Faust.

Dr Faust adalah orang terkemuka dalam bidang ilmu pengetahuan. Menurut standar manusia, Faust telah mencapai apa yang ia bisa lakukan semuanya. Ia adalah seorang dokter media, ahli hukum dan teknologi. Selama bertahun tahun ia memikirkan tentang dunia yang ia geluti hingga ia tiba pada sebuah keputusan bahwa kesemuanya ini ada batas puncaknya. Dia pun merasa bahwa puncak itu telah diketahuinya, tapi yang namanya manusia selalu ingin lebih dan lebih. Faust pun mulai mempelajari hal-hal yang berbau magis berguru pada Valdes and Cornelius. Pelajaran ilmu hitam Faust semakin manjadi-jadi, hingga akhirnya Faust memutuskan untuk memanggil setan yang dikenal dengan nama Mephistopheles.

Dr Faust mengadakan sebuah perjanjian dengan Mephistopheles. perjanjian tersebut isinya Mephistopheles akan menjaga dan memberikan pohon pengetahuan yang tak terhingga pada Faust selama kurang lebih 24 tahun dan sebagai gantinya Faust akan menyerahkan jiwanya kepada si raja setan Lucifer untuk tinggal di neraka selama-lamanya. Sebelum perjanjian itu ditandatangani, Mephistopheles berusaha menasehati Faustus akan bahaya perbuatannya dengan harapan Faust akan memikirkan kembali permintaannya itu. Tapi semua itu tak dihiraukan oleh Faust, nafsunya lebih besar dari hal-hal yang diutarakan si iblis tadi. Darahpun tertumpah dari tubuh doctor Faustus sebagai tanda bahwa perjanjian tersebut telah berlaku. Dr Faust pun mendapatkan semua yang dia inginkan, akan tetapi apa yang terjadi selanjutnya adalah sesuatu yang menakutkan baginya. Singkat cerita, dua puluh empat tahun perjanjian telah berlalu, ketakutan yang memuncak dan besarpun menghantuinya. Ia tersadar bahwa ia telah melakukan banyak hal yang salah selama ini, tapi semuanya sudah terlambat. Doctor Faustus harus menerima konsekuensi atas setiap perbuatanya dan sebagai pemenuhan syarat yang telah ia janjikan pada raja iblis.

15. Caster (William Shakespeare)

William Shakespeare adalah budayawan dan sastrawan besar Inggris. Pria kelahiran tahun 1564 ini banyak menulis naskah drama tentang tragedy, komedi, sejarah, puisi naratif dan sonata.

Naskah drama yang ditulisnya banyak diangkat ke layar lebar seperti Julius Caesar dan Romeo & Juliet. Tahun paling produktif bagi Shakespare antara 1583 dan 1613. Karya-karyanya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan dipentaskan di berbagai belahan dunia.

William Shakespeare menulis selama 25 tahun dengan topik beragam mulai dari romans hingga perang saudara, dari permainan domestik hingga kejadian politis yang menggegerkan dunia. Shakespeare berhenti menulis pada tahun 1611 dan meninggal dunia tahun tahun 1616.

16. Caster (Hans Christian Andersen)

Hans Christian Andersen adalah ahli dongeng anak-anak yang terkenal di dunia. Karya-karyanya selalu hidup sepanjang masa seperti dongeng Little Mermaid dan The Ugly Duckling.

Hans Christian Andersen lahir di Denmark tanggal 2 April tahun 1805 dan meninggal di Kopenhagen, Denmark, 4 Agustus 1875 pada umur 70 tahun. Meskipun dia adalah seorang penulis yang produktif dalam drama, perjalanan, novel, dan puisi, Andersen paling dikenang karena dongeng.

Popularitas Andersen tidak terbatas pada anak-anak, cerita buatannya mengungkapkan tema yang melampaui usia dan kebangsaan. Dongeng Andersen telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 125 bahasa, telah menjadi budaya tertanam dalam kesadaran kolektif Barat, mudah diakses anak-anak, tetapi menyajikan pelajaran kebajikan dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan untuk pembaca dewasa juga. Karya-karyanya telah menginspirasi film, drama, balet, dan film animasi.

17. Caster (Wolfgang Amadeus Mozart)

Wolfgang Amadeus Mozart bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 dan meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun. Mozart adalah seorang komponis.

Ia dianggap sebagai salah satu dari bapak komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.

18. Assasin / Berserker (Dr Jekyll dan Mr Hyde)

Kasus Aneh dari Dr Jekyll dan Tuan Hyde adalah novel yang ditulis oleh penulis Skotlandia Robert Louis Stevenson yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1886. Pengucapan asli Jekyll adalah “Jikal”, pengucapan yang digunakan di Skotlandia, tanah kelahiran Stevenson.

Kisah novel ini adalah tentang seorang pengacara London bernama Gabriel John Utterson yang menyelidiki kejadian aneh antara teman lamanya, Dr Henry Jekyll dan seorang pembenci orang bernama Edward Hyde. Karya ini secara umum terkait dengan kondisi mental langka yang sering secara umum disebut “kepribadian ganda”, dimana dalam orang yang sama setidaknya ada dua kepribadian yang berbeda. Dalam kasus ini, dua kepribadian berbeda muncul dalam diri Dr Jekyll yang tampaknya baik dan jahat, dengan tingkat moralitas yang benar-benar bertolak belakang. Dampak novel ini begitu kuat sedemikian hingga telah menjadi bagian dari bahasa psikologi, dengan frasa “Jekyll dan Hyde”, yang berarti seseorang yang sangat berbeda dalam karakter moral dari satu situasi ke yang berikutnya. Kasus Aneh Dr Jekyll dan Tuan Hyde sukses dan merupakan salah satu karya terlaris Stevenson. Karya ini juga telah mengilhami puluhan film dan pertunjukan panggung.

(Bersambung)

sumber : wiki, google

Leave a Reply