[Otacouncil Artist Corner] Aoi Eir, Diva Anisong yang Juga Gamer Kelas Berat

Sejak menulis tentang Seiyuu Yuuki Kana, saya belum pernah mengisi rubrik Otacouncil Artist Corner lagi. Kali ini saya MS22 bersama dengan mikatonanodesuyo akan membahas penyanyi anisong yang namanya sudah tidak asing lagi yaitu Aoi Eir. Beliau lahir di Sapporo, Hokkaido pada tanggal 30 November 1988. Sejak kecil Aoi Eir dikenal cukup tomboy, sehingga kalau bermain Sailor Moon bersama teman-temannya, beliau selalu menjadi Tuxedo Kamen atau Sailor Jupiter.

BTT3ESkCIAM_WAU

Eir menyukai musik karena pengaruh kedua orang tua dan beliau sendiri menjadi penggemar Evanescence, Slipknot, dan Do As Infinity. Kemudian saat SMA, Eir mulai menekuni karir bermusiknya dengan membuat band. Di band tersebut Eir berperan sebagai gitaris & vokalis. Setelah lulus dari SMA, Eir berusaha menekuni karir bermusiknya seorang diri. Tapi sayang karirnya tidak kunjung berkembang, sehingga beliau sempat memutuskan berhenti bermain musik dan mencoba masuk akademi perawat.

Namun dikarenakan kondisi keluarga & keuangan yang tidak memungkinkan, Eir juga harus membuang impiannya menjadi perawat. Di tahun 2008, beliau akhirnya menjalani karir sebagai model & gravure idol dengan nama samaran. Walaupun begitu, beliau tetap berusaha merintis karir sebagai penyanyi indie.

Tapi lagi-lagi nasib buruk menimpa Eir. Karirnya sebagai gravure idol harus berakhir lebih cepat. Penyebabnya adalah manajernya sendiri yang meminta Eir untuk berhenti karena menganggap bekas luka di lengan & kaki Eir menurunkan nilai jualnya.

dsadsa

Bekas luka tersebut jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa Eir selalu memakai pakaian lengan panjang/menutupi lengannya saat musim panas sekalipun. Kalau anda melihat foto gravure-nya dengan seksama, maka anda bisa melihat bekas luka yang cukup banyak. Kemungkinan besar bekas luka tersebut adalah bekas percobaan bunuh diri atau disiksa ayahnya (note : ibu Eir sudah meninggal dunia saat itu). Percobaan bunuh dirinya sepertinya disebabkan depresi karena beliau bolak-balik gagal menggapai impiannya. Selain itu, sepertinya masih ada masa lalu gelap Eir yang disembunyikan. Dalam sebuah wawancara, Eir pernah mengakui kalau beliau dulu pernah melakukan kesalahan fatal dan hampir terjerumus ke dunia hitam.

Akhirnya seluruh penderitaan yang telah dilalui Eir berujung kepada kebahagiaan. Suatu hari, cover lagu ‘Story‘ karya Pico yang di-upload Eir ke Niconico Douga memenangkan penghargaan sehingga beliau dinotis oleh seorang komposer kenamaan Fumio Yasuda. Tak lama kemudian, Eir langsung merilis lagu debutnya ‘Frozen Eyes‘ yang dibundel dengan Appendix CD Lisani Vol.05. Seperti yang kalian tau Aoi Eir bukanlah nama asli beliau, tapi hanya nama panggung saja. Nama Eir diambil dari nama dewi penyembuh dari legenda Norwegia, sedangkan Aoi sendiri adalah singkatan dari nama aslinya (sebenarnya saya sudah tau nama aslinya, tapi tak mau menyebutkan).

BldhidMCcAAUc8G

Di akhir tahun 2011, Eir akhirnya merilis single perdananya yang berjudul ‘Memoria‘. Kalian pasti banyak yang sudah tahu kalau lagu ini adalah lagu penutup anime Fate/Zero. Saat pertama kali debut sebagai penyanyi, Eir selalu menutupi wajahnya saat tampil di muka umum. Hal ini dilakukan karena beliau takut cerita masa lalunya yang kelam bocor. Namun tak lama kemudian, beliau akhirnya harus menunjukkan seluruh wajahnya karena kalau tidak maka beliau tidak akan bisa melakukan live concert. Setelah wajah Eir terlihat jelas, netizen sempat heboh karena masa lalu Eir sebagai gravure idol dan karir lainnya akhirnya terbongkar.

Di luar dugaan, hal itu ternyata tidak membuat karir Eir surut. Justru karirnya sebagai penyanyi semakin menanjak dan banyak orang yang semakin kagum dengan Eir. Padahal beliau sudah berkali-kali gagal, tapi tidak pernah menyerah sehingga akhirnya berhasil menjadi seorang penyanyi professional. Kisah hidup Eir tersebut juga menginspirasi banyak penggemarnya. Banyak penggemarnya yang awalnya sudah menyerah dalam hidup menjadi semangat kembali.

0302_02

Selain sebagai seorang penyanyi, Eir juga dikenal sebagai seorang Gamer kelas berat yang lebih menyukai game FPS daripada RPG. Walaupun begitu ada beberapa RPG yang sangat disukai Eir seperti Drakengard. Saking sukanya terhadap Drakengard, beliau sempat bercanda ingin mengikuti audisi seiyuu untuk game Drakengard 3. Tapi akhirnya beliau mengurungkan niatnya untuk mengikuti audisi seiyuu Drakengard 3 dan malah terpilih sebagai penyanyi lagu tema Drankegard 3. Lagu tema Eir untuk game Drankegard 3 tersebut berjudul ‘Kuroi Uta’.

Dengeki juga membuatkan acara Youtube berjudul ‘Aoi Eir no Game wa Asobi Jyanai’ di mana Eir menguji berbagai macam game yang akan dirilis. Ada juga acara Youtube lain berjudul ‘Aoi Eir no Game Nama Zekkyou’ yang menampilkan reaksi-reaksi Eir saat sedang memainkan game.

Eir tidak hanya memiliki talenta menyanyi, namun beliau juga terlibat dalam pembuatan lagu-lagunya. Banyak dari lagu-lagu Eir yang liriknya ditulis oleh beliau sendiri. Menurutnya, menulis lirik sebuah lagu memerlukan waktu yang panjang sekali. Namun ada satu lagu yang sangat spesial karena musik dan liriknya diciptakan oleh Eir sendiri. Lagu tersebut berjudul ‘Tsunagaru Omoi’, yang merupakan lagu dari single ke-8 Eir. Lagu ini menyampaikan perasaan terima kasih Eir kepada para fans yang telah membantu beliau melewati masa-masa sulit. Lagunya sih bernuansa rock dan up-beat, tapi entah kenapa tiap mendengarnya saya seringkali ingin menangis.

Hingga saat ini, Aoi Eir sudah merilis begitu banyak single & album dan juga sudah pernah tampil di berbagai acara musik kenamaan Jepang. Beliau bahkan sudah pernah menggelar konser tunggal di Nippon Budoukan. Bagi artis Jepang, bisa tampil solo di Nippon Budoukan adalah pencapaian yang luar biasa. Sekarang Eir memiliki target kalau suatu hari nanti beliau ingin menggelar konser tunggal di venue kelas Arena (venue besar yang dapat menampung lebih dari 15.000 penonton). Eir juga aktif tampil di luar Jepang dan sudah pernah berkunjung ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Meksiko, Singapura, Peru, Jerman, Inggris, dan tentunya Indonesia.

eir4

Berikut adalah lagu terbaru Eir berjudul ‘Tsubasa’ yang merupakan opening dari anime musim ini Arslan Senki : Fuujin Ranbu.

Sekian dulu artikel Artist Corner dari saya. Semoga artikel Aoi Eir ini bisa menginspirasi kalian agar tidak menyerah berjuang dalam kehidupan. Aoi Eir saja sudah pernah berkali-kali gagal sampai depresi luar biasa, tapi akhirnya beliau berhasil meraih impiannya.

tumblr_nc6x0wbnSS1qaysjmo1_1280

Facebook Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!