Yuk Ikutin Serunya Konser Anison Dream Stage 2016 Hongkong Day2!

Minggu lalu dua staf maniaks  Otacouncil (Ichika_sachou dan Aizen) berkesempatan untuk menghadiri  Anison Dream Stage 2016 Hongkong Day2. Konser Anison Dream Stage tahun  ini mengambil tempat di Rotunda Hall 3, Kowloon International Trade and Exhibition Center (KITEC). Lokasi yang cukup jauh hanya terpaut beberapa ratus meter dari stasiun MTR Kowloon Bay dan warna bangunan yang lumayan mencolok membuat KITEC mudah dijangkau. Tapi setelah sampai di KITEC, kami sempat nyasar mengalami kesulitan menemukan lokasi Rotunda Hall 3 karena kurangnya petunjuk arah yang jelas.

booth0

Kami tiba dilokasi sekitar pukul 15:30 waktu setempat, saat itu suasana masih cukup sepi. Hal ini sedikit diluar dugaan dimana biasanya pada acara seperti ini banyak yang datang lebih awal demi berebut merchandise.

booth

Dari pintu masuk langsung tampak booth penjualan merchandise. Berbagai merchandise dari Nishizawa Shiena, Suara, Lia dan juga merchandise original dari Anison Dream Stage 2016 dijual disini. Cukup disayangkan pada event ini tidak ada satupun merchandise dari nano yang dijual. Bagi pembeli yang berbelanja minimal sebesar 500HKD berhak mendapatkan satu tiket undian autograph. Setiap penambahan 100HKD dari pembelian 500HKD, pembeli berhak mendapat tambahan tiket maksimal sebanyak tiga tiket. Sistem undian dilakukan secara manual dengan cara menarik bola yang terdapat didalam kotak. Sayangnya dari enam kali kesempatan (4+2)  tidak ada satupun dari kami yang berhasil memenangkan gacha undian.

Aizen: gila ini gachanya lebih ampass dari FGO

table

Dimeja ini pemegang tiket Cat1 bisa mendapatkan Kingblade ADS 2016 secara gratis dengan hanya menunjukkan tiket. Tepat disebelah berjajar empat buah kardus yang disediakan secara khusus oleh panitia untuk menampung hadiah dari fans untuk para artis.

sultan

Kamipun segera mempersiapkan hadiah yang telah dibawa dari Indonesia. Tampak salah satu sultan rombongan kami menunjukkan hadiah yang telah dipersiapkan sebelum dimasukkan kedalam kardus.

Ichika-sachou :  Wajah sang sultan terpaksa disensor supaya saya tidak ditemukan mengambang disungai www

ads_flower

Tepat didepan booth penjualan merchandise, tampak berjajar karangan bunga yang ditujukan untuk para artis.

nano

Masih disekitar venue, kami melihat nanotomo Hongkong (istilah bagi fans nano) menyediakan spanduk untuk ditandatangani para nanotomo yang hadir. Nantinya spanduk yang telah ditanda tangani akan ditunjukkan dan diserahkan kepada nano.

callbook

Selain spanduk, sejumlah fans juga menyediakan callbook untuk Nishizawa Shiena, Suara dan nano untuk dibagikan secara gratis.

que2

Satu jam menjelang konser kondisi di venue mendadak ramai. Meskipun sangat ramai namun pengunjung tetap tertib.

stage

Memasuki hall konser, kami terperanjat melihat penataan panggung dan jarak antar kursi kondangan premiumyang relatif longgar. Meskipun ukuran Rotunda Hall yang tidak terlalu besar, namun dengan desain yang tepat seperti ini akan menimbulkan efek ruang yang luas. Jarak antar kursi yang longgar tentunya juga akan membuat penonton semakin nyaman saat mengikuti konser.  Konser Anison Dream Stage Hongkong 2016 dibuka secara langsung oleh Edward Lee selaku Executive Producer dari ED Production. Beliau juga menjadi MC secara acara berlangsung.

shiena2

Konser pertama diawali oleh Nishizawa Shiena dengan lagu debutnya, Fubuki. Selanjutnya Shiena memperkenalkan diri kepada penonton. Konser dilanjutkan dengan Brilliant Star dan Meaning. Shiena sempat bercerita sedikit tentang lagu Piacere. Setelah menyanyikan Piacere,  Shiena menceritakan pengalaman kuliner di Hongkong selama dua hari terakhir, doi banyak mencicipi makanan lokal seperti Sia Long Pao, Mabo Tofu dll. Suasana panggung kembali memanas saat Shiena menyanyikan Brand New World  dan dilanjutkan dengan The Asterisk War menjadi lagu terakhir penampilan panggung Shiena.

nano

nano tampil membawakan Sable, bull’s Eye, Nevereverland sekaligus tanpa jeda. Disesi MC yang pertama, nano menyapa seluruh penonton dengan gaya khasnya yang nge-rock. Suasana kembali memanas saat  No Pain No Game, Now or never, Be The One dinyanyikan. Pada MC yang kedua, nano mengajak semua agar lebih semangat  -“yang masih duduk ayo berdiri!”. Mungkin sebagian dari pembaca sudah tidak asing dengan karakter nano yang satu ini www. Konser dilajutkan dengan lagu Savior of Song dan Rock On. Sebelum mengakhiri konsernya, nano mengajak semua penonton untuk bersama-sama menyanyikan lagu Freedom is Yours. 

suara

Suara diawali dengan lagu Sadame dan Amakakeru Hoshi.  Setelah memperkenalkan diri dan menyapa seluruh penonton beliau menyatakan senang sekali bisa kembali ke Hongkong setelah 4 tahun. Kami terkejut Seiza dimana setengahnya dinyanyikan dengan lirik bahasa Kanton. Kejutan tidak hanya berhenti disini, setelah selesai menyanyikan Seiza tiba-tiba Edward Lee muncul distage dengan membawa kue dan menyanyikan lagu selama ulang tahun. Penontonpun dengan riuh ikut memberi ucapan selamat ulang tahun kepada Suara. Suara terlihat terkejut dan senang lalu mengucapkan terima kasih pada semuanya. Saat-saat yang paling ditunggu oleh semua fans akhirnya tiba, Suara menyanyikan salah satu lagu andalannya, Mosouka. Saat menyanyikan Musouka sempat terjadi insiden kecil, dimana Suara sempat lupa liriknya, namun beliau tetap melanjutkan nyanyian tanpa terpengaruh. Selanjutnya Suara menyanyikan lagu OP2 Utawarerumo Itsuwari no Kamen, Fuantei na Kami-sama dan diakhiri dengan lagu Kimi ga Tame.

lia

Lia memasuki panggung dengan gaun berwarna pink pastel terlihat sangat anggun. Light Colors menjadi lagu pembuka yang diikuti dengan OP Clannad ~after story~, Toki wo Kizamu Uta. Disesi MC pertamanya, Lia menyapa para penonton dengan bahasa Kanton. Setelah itu Lia menyanyikan lagu days, Natsukage ~Cornwall summer mix~ dan Tori no Uta.  Disesi MC yang terakhir Lia menyampaikan bahwa beliau ingin menyanyikan lagunya dengan lirik bahasa Kanton. Suasana kebersamaan yang kuat sempat membuat kami merinding saat seluruh penonton ikut bernyanyi bersama pada lagu Bravely You dan My Soul Your Beat.

Berikut ini setlist  Anisong Dream Stage 2016 Hongkong Day2 :

Nishizawa Shiena

– Fubuki
– MC
– Brilliant Star
– Meaning
– MC
– Piacere
– MC
– Brand New World
– The Asterisk War

nano
– Sable
– bull’s Eye
– Nevereverland
– MC
– No Pain No Game
– Now or never
– Be The One
– MC
– Savior of Song
– Rock On
– MC
– Freedom Is Yours

Suara
– Nuedori
– Amakakeru Hoshi
– MC
– Fly Away -oozora he-
– POWDER SNOW
– Seiza
– MC
– Musouoka
– Fuantei na Kami-sama
– Kimi ga Tame

LiA
– Light colors
– Toki wo Kizamu Uta
– MC
– days
– Natsukage ~Cornwall summer mix~
– Tori no Uta
– MC
– Bravely You
– My Soul Your Beat

Edward Lee kembali tampil dipanggung setelah konser berakhir. Beliau memanggil para penyanyi serta meminta mereka untuk mengungkapkan pesan dan kesan saat manggung. Diawali oleh Nishizawa Shiena yang mengaku sangat terkejut dengan sambutan dan antusiasme dari para penonton. Antusiasme yang tinggi dari para penonton membuatnya semakin bersemangat.  Suara senang dapat kembali ke Hongkong setelah 4 tahun yang lalu dan bertemu dengan artis anisong lain yang bahkan belum pernah ditemuinya Jepang. Lia sangat senang bisa tampil di Hongkong karena selama enam belas tahun berkarir didunia tarik suara, ini adalah pertama kalinya beliau mendapat kehormatan untuk menyanyi di Hongkong. Beliau juga mengumumkan bahwa pada tanggal 16 september mendatang, IA (karakter vocaloid yang menggunakan suara Lia) akan menggelar konser di Hongkong dalam rangka Asia Tour. Sebelum meninggalkan stage, para artis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para penonton dan berjanji akan datang lagi ke Hongkong.

Satu hal yang menjadi catatan tersendiri bagi kami, bahwa sebelum konser dimulai pihak panitia sama sekali tidak membuat pengumuman tentang larangan untuk mengambil foto ataupun melakukan perekaman saat konser berlangsung, namun berdasarkan pantauan kami tidak ada satupun penonton yang mencoba mengambil foto/merekam. Disini kami menilai dedikasi para fans Hongkong, dimana seluruhnya lebih memilih fokus menikmati konser daripada sibuk memfoto/merekam konser. Selain itu chant yang sangat kompak serta color code lightstick yang seragam juga patut diacungin jempol.

Kualitas sound system yang digunakan dinilai sudah cukup baik, reproduksi suara sudah cukup proporsional. Stage lighting juga menjadi nilai plus, permainan lighting dikonser ini membuat suasana konser semakin asyik. Secara teknis,  Anison Dream Stage 2016 Hongkong yang dipromotori oleh ED Production Ltd. sudah sangat baik meskipun masih ada beberapa kelemahan kecil seperti masalah sistem penukaran tiket dan kurangnya petunjuk lokasi hall. Secara keseluruhan Anison Dream Stage merupakan event konser anison yang tidak bisa dipandang sebelah mata, kamipun merekomendasikan pecinta anisong yang punya kesempatan untuk datang ke Anison Dream Stage yang bakal digelar  lagi tahun depan.

Demikian reportase konser Anison Dream Stage 2016 Hongkong, sampai jumpa lagi diliputan Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2016 pada bulan september mendatang!

Picture source : lia_vocalist , @shiena_tw , @nanonano_me , @suara_fix, @horipro_music, ED Production

Facebook Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!