Kolanak, makanan penutup yang terkenal di negeri Sunda : IpmpJambi

Empat kue Jawa Barat dan resep sederhananya

Berbicara tentang masakan tradisional Sunda, ternyata  ada banyak sekali resep kue khas Jawa Barat yang bisa dicoba.  Jawa Barat terkenal dengan beragam hidangan dengan rasa pedas. Namun, bukan berarti tidak ada hidangan biasa yang rasanya manis, lho!

Bahkan, ada banyak sekali hidangan tradisional yang mencicipi dan mencicipi dessert di Jawa Barat. Makanan ini adalah favorit banyak keluarga. Uniknya, rasanya tidak hanya dimanjakan oleh lidah Anda, sangat mudah untuk memasak bahan-bahannya. Anda dapat dengan mudah dan murah mendapatkan bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk memasak di mana saja.

Proses pembuatannya juga tidak sulit. Jadi cocok untuk awal. Ada banyak variasi dan resep masakan tradisional di Jawa Barat. Kamu  juga bisa mencoba resep kue khas Jawa Barat dari kelapa dan tepung beras, bahkan menggunakan bahan peuyeum atau tapioka tape.

Dari puluhan hidangan dessert dari Jawa Barat, ada empat jenis kue tradisional yang sangat populer dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak perlu banyak bahan aneh untuk melengkapi hidangan, rasanya sudah sangat menarik bagi lidah. Berikut ulasan lengkapnya yang bisa Anda pahami.

Kolanak, makanan penutup yang terkenal di negeri Sunda

Salah satu hidangan khas daerah Jawa Barat, yang banyak disukai, adalah Collenak. Secara umum, colenake mengacu pada kata “sebagai digocal”. Artinya terkait dengan konsep penyajian kue kolenac, cara menyajikannya dan cara menikmatinya dengan mencambuknya dengan gula merah cair atau mewarnainya.

Resep kue khas Jawa Barat sendiri sangat sederhana. Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat Colenak sederhana. Anda hanya membutuhkan 200 gram, juga dikenal sebagai pita tapioka atau puem, kemudian 100 gram gula merah, 100 gram kelapa dan 100 ml santan sebagai bahan utamanya.

Sebagai bahan tambahan, Anda membutuhkan sekitar 50 gram gula pasir dan 20 gram mentega. Jangan lupa tambahkan setengah sendok teh vanila agar adonan lebih menarik. Jika bahan-bahannya sudah siap, Anda bisa mulai membuatnya. Metode ini mudah dan sangat sederhana.

Anda perlu membuat saus gula merah. Untuk melakukan ini, campur potongan gula merah dengan gula pasir dalam wajan di atas api sedang. Aduk sampai gula merah meleleh dan bercampur dengan gula pasir. Setelah itu, campur dengan santan dan parutan kelapa. Masak sampai airnya menyusut.

Langkah terakhir dalam resep kue Jawa Barat ini adalah memanggang  tapioka. Cukup dengan mengoleskan mentega secukupnya secara merata di seluruh permukaan selotip. Dalam hal ini, Anda harus memanggang selotip sampai matang dan berubah menjadi cokelat. Sekarang sajikan dengan saus gula dan hidangan Collenak siap dinikmati.

Nikmati kue Awug atau Dongkal yang manis dan formal

Selain kue Colenak yang sederhana namun bisa dimanjakan lidah, ada kue tradisional lain yang kurang disukai. Salah satu resep kue khas Jawa Barat dari kelapa dan tepung beras juga  dikenal dengan Dongal Cake atau Auk Cake. Hidangan ini sangat sederhana.

Secara visual, jenis hidangan tradisional ini hampir menyerupai sajian kue putu. Namun, bahan yang digunakan sangat berbeda. Ya, kue ini menggunakan tepung beras dan kelapa, lagi-lagi gula merah direbus bersamaan. Bentuk kuenya sangat unik sehingga terlihat seperti dumpeng mini.

Cara membuatnya tidak lebih mudah dari Collenac sebelumnya. Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung beras, kelapa parut, kemudian gula merah parut, beberapa helai daun pandon dan beberapa garam jumbud agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk langkah pertama, rebus tepung beras asin dalam uap.

Setelah itu, Anda bisa mulai memasukkan adonan rebus ke dalam cetakan. Pertama-tama isi satu kaki cetakan dan kemudian timpa dengan gula merah parut secukupnya sampai bersembunyi di permukaan. Kemudian timpa lagi dengan adonan tepung. Ulangi selama tiga lapisan. Setelah langkah, tambahkan semuanya dan rebus dalam uap.

Anda bisa menyajikan resep kue khas Jawa Barat ini dari kelapa dan tepung beras menggunakan parutan kelapa. Sebelum disajikan, pastikan Anda sudah terlebih dahulu merebus kelapa parut. Hal ini cukup untuk sementara waktu agar tekstur kelapanya masih ada, lalu kue siap disantap saat panas bersama keluarga.

Topping Onkom Unik Surabhi Reguler dari Jawa Barat

Hanya jajanan manis yang menjadi simbol masakan Jawa Barat. Makanan asin adalah makanan favorit semua kalangan. Tentu saja, Anda akan terbiasa dengan hidangan ini. Ya, Serabi. Serabi tidak terbatas di wilayah Jawa Barat.

Serabi adalah jenis hidangan ringan yang serbaguna di alam. Namun, yang unik dan paling unik di wilayah Sunda adalah penggunaan permukaan. Umumnya jika seraby disajikan dengan topping gula merah atau kuah santan manis, berbeda dengan serabi yang berasal dari daerah saline Jawa Barat.

Kue dan resep khas Jawa Barat ini umumnya berbeda dengan resep serapy, terutama pada toppingnya. Salah satu topping yang paling umum digunakan pada serabi ini adalah topping oncom. Tentunya camilan ini memiliki rasa asin dan sedikit pedas. Ini sangat ideal untuk Anda yang merupakan penggemar makanan asin.

Kue ini sangat mudah dibuat. Sekali lagi, bahan yang digunakan sangat sederhana, yaitu menggunakan tepung beras. Tidak hanya itu, ada juga banyak bahan tambahan seperti tepung terigu, diikuti dengan ekstra santan, parutan kelapa, baking powder, dan adonan baking soda.

Campurkan semua bahan dan mulailah memasak dalam wadah anti lengket sampai lubang kecil muncul di permukaan. Jika lubang telah muncul, Anda dapat mulai menyemprotkan topping oncom di atas seraby, lalu tutup seraby sampai matang. Sajikan saat masih panas, yang akan sangat enak di mulut.

Misro sebagai variasi kue Jawa Barat danresepnya

Mishra merupakan hidangan khas dari Jawa Barat lainnya yang sangat terkenal dan digandrungi hampir semua orang. Hidangan misro menyebut dirinya sebagai “Amis de Gero” yang berarti “di dalam manis” dalam bahasa Sunda. Ini adalah konsep hidangan populer yang terbuat dari tapioka.

Secara umum, Mishra ini adalah bhajji seperti Gomro. Bedanya, jika comro memiliki oncom dengan rasa asin dan pedas, misro justru akan terasa manis karena tapioka diisi dengan gula merah. Tentu saja, hidangan ini tidak kalah enak dari versi asin sekarang.

Cara melakukannya sangat mudah. Anda hanya perlu 500 gram tapioka, lalu parut hingga halus. Sajikan juga setengah butir kelapa parut halus, serta gula merah dan akhirnya gula merah cincang. Campurkan semua bahan menjadi satu kecuali gula merah dan tambahkan garam secukupnya secukupnya.

Pertama-tama isi adonan dengan gula merah dan bentuk menjadi bola elips. Setelah itu, goreng sampai matang, sampai bagian luarnya berubah menjadi kuning keemasan, atau sedikit cokelat jika Anda suka. Kemudian, angkat dan tiriskan.

Mishra siap disajikan saat masih panas dan gulanya meleleh sempurna. Nah, sekarang kamu bisa memilih makanan tradisional mana yang kamu suka dan ingin lakukan untuk orang-orang yang dekat denganmu. Pastikan Anda mencoba   resep kue khas Jawa Barat ini di rumah  dan mencoba rasanya.

Read More :