Benarkah Film Kimi No Na Wa Memplagiat Konsep Cerita Dari Film Hollywood Yang Berjudul The Lake House?

Demam film animasi karya Makoto Shinkai “Kimi No Nawa” sedang melanda wibu di berbagai belahan dunia. Film ini berhasil meraup pendapatan sebesar 20.5 Milyar Yen sejak pertama kali ditayangkan di Jepang dan sudah bertengger di bioskop selama 108 hari dengan total penjualan 15,8 Juta tiket. Kisah petualangan cinta lintas waktu antara Taki dan Mitsuha tersebut epik disajikan dengan animasi yang indah sukses merebut hati para fans anime seantero dunia.

Namun apakah kisah indah dua sejoli yang disajikan dalam film Kimi No Nawa tersebut benar-benar naskah orisinil ataukah hanya plagiat? Seorang penulis dengan ID Dango1198 dari website http://aminoapps.com/ menemukan satu judul film Hollywood yang mempunyai konsep cerita yang kurang lebih sama seperti Kimi No Nawa. Film tersebut berjudul The Lake House yang rilis pada tahun 2006. Film tersebut diadaptasi dari film Korea berjudul Siworae yang rilis pada tahun 2000.

Film The Lake House bercerita tentang seorang arsitek bernama Alex Wyler (Keanuu Reeves) yang hidup pada tahun 2004 dan seorang dokter bernama Kate Forster (Sandra Bullock) yang hidup pada tahun 2006. Keduanya bertemu melalui surat yang tertinggal di sebuah kotak surat di sebuah rumah danau dimana mereka berdua pernah tinggal namun berbeda waktu.

Mereka pun perlahan mulai mengenal satu sama lain lebih jauh dan keduanya pun akhirnya saling jatuh cinta. Kedua insan tersebut berupaya untuk menguak misteri di balik percintaan tersebut dan berusaha untuk melawan nasib dengan mengatur sebuah pertemuan yang pada akhirnya berbuah manis.

Terdapat beberapa persamaan konsep cerita antara Film Kimi No Nawa dan The Lake House yang akan mimin jabarkan berikut ini :

1. Cara untuk berkomunikasi

Dalam film Kimi No Nawa diceritakan Taki dan Mitsuha menuliskan diary di smartphonenya agar mereka masing-masing mengetahui apa yang mereka lakukan pada saat sedang dalam keadaan bertukar tubuh. Mereka juga menuliskan sesuatu di telapak tangan, lengan dan wajah sampai tubuh mereka penuh coretan spidol.

Sedangkan dalam film The Lake House kedua tokoh utama tidak bertukar tubuh, Kate dan Alex saling berkirim surat melalui sebuah kotak surat misterius. Kotak surat tersebut bukan hanya merepresentasikan cara mereka untuk berkomunikasi namun juga menjadi alasan utama mengapa cerita tersebut ada. Jika tidak karena kotak surat tersebut, Kate dan Alex tidak pernah ketemu.

2. Sama-sama memiliki time gap antara dua karakter

Dalam film Kimi No Nawa, time gap antara Taki dan Mitsuha adalah 3 tahun dimana Taki berada di masa depan sedangkan Mitsuha di masa lalu.

Dalam film The Lake House time antara Alex dan Kate adalah 2 tahun dimana Alex berada di masa lalu dan Kate berada di masa depan.

3. Bencana yang akan datang

Kedua film tersebut mempunyai konsep cerita bencana yang akan menimpa salah satu karakter. Dalam Kimi No Nawa, Mitsuha dan para penduduk desanya akan tewas akibat sebuah komet yang terpecah menjadi dua. Taki dengan meminum sake yang terbuat dari air liur Mitsuha mencoba untuk kembali ke masa lalu dan memperingatkan Mitsuha tentang bencana tersebut.

Dalam film The Lake House, Kate dalam timelinenya melihat seorang lelaki ditabrak oleh mobil dan dia yang seorang dokter mencoba menyelamatkan pria tersebut namun gagal. Setelah setahun dia menjalin hubungan lintas waktu dengan Alex, dia mengingat bencana tersebut dan pria yang menjadi korban kecelakaan tersebut adalah Alex. Kate meminta Alex untuk melupakan dan tidak mencarinya dan menjelaskan kepada Alex bahwa dia akan ditabrak mobil dan meminta Alex agar menunggu dua tahun dan menemuinya di rumah danau. Alasan Alex tertabrak adalah ketika dia melihat Kate dari sisi lain jalan dan menyeberang.

4. Bertemu pertama kali secara nyata di stasiun kereta api

Dalam film Kimi No Nawa Mitsuha yang ingin sekali bertemu dengan Taki secara nyata melakukan perjalanan dengan kereta api namun mereka hanya bertemu secara singkat. Mitsuha memberikan ikat rambutnya kepada Taki agar pada masa depan nanti Taki mengenali Mitsuha.

Dalam film the Lake House, Kate dari masa depan melakukan permintaan kepada Alex untuk pergi kesebuah stasiun kereta api pada tanggal yang telah dia tentukan. Itu karena Kate pada masa lalu kehilangan buku berharganya yang merupakan pemberian ayahnya di stasiun kereta api tersebut. Kate pada masa depan ingin Alex mengambil buku tersebut dan menaruhnya dalam kotak surat agar dia mendapatkan bukunya kembali. Ketika di stasiun kereta api, Alex melihat buku tersebut dan melihat Kate baru saja masuk kedalam kereta. Alex mencoba mengejarnya namun gagal.

6. Tokoh pria yang sama-sama jago menggambar arsitektur

Dalam film Kimi No Nawa dikisahkan Taki jago menggambar dan menyukai seni arsitektur. Berkat gambar yang dibuatnya, Taki berhasil menemukan tempat dimana dulunya Mitsuha tinggal.

Dalam film The Lake House, Alex adalah seorang arsitek. Dia membeli rumah danau peninggalan ayahnya yang merupakan hadiah kepada ibunya dan kemudian merenovasinya. Jadi kalau bukan karena Alex yang membeli rumah tersebut dan merenovasinya, Kate tidak akan tinggal di rumah tersebut di masa depan.

7. Kedua tokoh yang terkena bencana dan kecelakaan berhasil selamat dan hidup

Dalam film Kimi No Nawa, Mitsuha berhasil selamat dari bencana komet dan akhirnya reuni dengan Taki di tanggal Kuil Yotsuya Suga.

Sedangkan dalam film The Lake House, Alex juga berhasil selamat dari kecelakaan dan hidup. Alex menuruti nasehat Kate dan menunggu selama dua tahun. Alex lalu pergi ke rumah danau tersebut dan bertemu dengan Kate yang sedang menangis di dekat kotak surat keramat tersebut. Mereka berdua pun akhirnya bertemu dan berpelukan haru satu sama lain.

Wah kalau ditelaah lebih lanjut ternyata terdapat banyak persamaan konsep cerita ya antara kedua film tersebut. Terlepas dari hal tersebut Kimi No Nawa Makoto Shinkai patut diacungi jempol karena konsep dan keindahan animasi yang dibuat oleh beliau sangat brilian.

Bagaimana menurut kalian weebs apakah Makoto Shinkai memplagiat konsep cerita tersebut atau ini hanya kebetulan terjadi dan merupakan cocoklogi belaka?

source : http://aminoapps.com/

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.