[TRAVEL GUIDE] 7 Tempat Pilihan Untuk Menikmati Sakura di Tokyo

Awal musim semi di Jepang sudah tiba yang berarti waktunya untuk hanami atau menikmati Sakura. Pertama-tama saya menjelaskan dulu kepada anda bagaimana cara orang Jepang menikmati sakura.

Booking Tempat Terbaik

Ketika mengadakan hanami, 1 atau 2 orang akan menjadi “basho tori” yaitu orang yang bertugas mencari tempat terbaik untuk melihat sakura dan “mengamankannya” dengan membentangkan alas duduk di dekat pohon sakura.

Membawa Makanan & Minuman

Makanan yang dibawa kebanyakan adalah bento, tapi sebaiknya jangan bawa sembarang bento yang dibeli dari konbini. Untuk menambah kenikmatan hanami, belilah Bento bertema Musim Semi dari Toko seperti Isetan, Daimaru, Takashimaya, atau jika anda mempunyai uang lebih bisa juga membawa bento dari Restoran kaiseki Terkemuka. Untuk minuman umumnya orang-orang membawa sake / bir, tapi bagi anda yang tidak bisa minum alkohol bisa diganti dengan teh saja.

Jaga Badan Tetap Hangat

Walau sudah musim semi tapi jangan lengah, karena suhu udaranya masih cukup dingin dan terkadang turun hujan juga. Oleh karena itu tetaplah memakai pakaian yang agak tebal supaya tidak kedinginan dan payung untuk berjaga-jaga seandainya turun hujan. Sangat dianjurkan pula membawa pocket heater seperti Kairo.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat melihat sakura di Tokyo yang saya rekomendasikan :

1. Imperial Palace East Gardens

Pohon sakura utama yang dimiliki Imperial Palace tentu saja jenis Somei Yoshino. Bagi anda yang datang terlambat datang di Tokyo tidak usah khawatir karena terdapat banyak pohon sakura dari varian Yaezakura yang berbunga sampai akhir april di Imperial Palace.

2. Shinjuku Gyoen

Taman seluas 58 hektar lebih ini terdapat 65 varian jenis sakura dan 1100 pohon sakura, sehingga anda tidak akan bosan mengelilingi taman ini. Selain itu, didalam taman ini juga ada beberapa kedai teh untuk anda beristirahat sambil menikmati teh hijau khas Jepang. Para pasangan juga biasanya banyak yang memanfaatkan tempat ini setelah melihat sakura di siang harinya, akan melanjutkan kencan malam hari di Tokyo Bay.

3. Asukayama Park

Asukayama Park adalah salah satu tempat hanami tertua di Tokyo dan taman ini sangat terkenal dengan pohon sakura jenis Somei Yoshino. Hanya saja karena usia taman ini sudah tua maka anda mungkin akan menemukan beberapa fasilitas yang sudah terlihat usang.

4. Hamarikyu Gardens

Shiodome sebenarnya adalah daerah bisnis yang dipenuhi gedung-gedung yang menjulang tinggi, tapi di dalamnya juga ada sebuah taman besar dimana anda bisa menikmati sakura. Biasanya banyak pekerja kantoran yang menikmati pohon sakura malam hari setelah mereka pulang kerja ditaman yang terletak di muara sungai Sumida ini. Selain itu juga ada kedai teh di pinggir kolam bagi anda yang ingin hanami sambil menikmati ocha.

5. Ueno Park

Sebagai salah satu tempat hanami paling populer di Tokyo, jumlah varian pohon sakura di Ueno sudah tidak perlu diragukan lagi. Tempat yang disediakan untuk piknik terbentang luas. Tetapi jangan lega dulu, karena banyak sekali peminatnya, anda harus berlomba memperebutkan tempat. Pemandangan saat malam hari saat musim hanami menjadi semakin indah karena ada iluminasi.

6. Sakura-shinmachi

Ini adalah tempat yang cocok buat anda yang suka belanja sambil menikmati sakura. Sakura-shinmachi sebenarnya bukanlah taman, melainkan shotengai yang dipenuhi pohon sakura sepanjang jalan. Saat musim hanami biasanya juga ada festival sakura yang dipenuhi parade, musik, dan berbagai performa lainnya.

7. Chidorigafuchi Park

Ini adalah tempat yang cocok bagi anda yang datang saat musim sakura yang didominasi Somei Yoshino berakhir karena taman ini mempunyai banyak sekali memiliki Yaezakura yang masih mekar. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk mengarungi reservoir sambil menikmati keindahan sakura.

Facebook Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!