Mengenal Sistem Gameplay Mobage ‘Senki Zesshou Symphogear XD Unlimited’

Di artikel sebelumnya sudah kujelaskan kalau hari ini anda bisa mencoba Demo Symphogear XD di Bushiroad 10th Anniversary Festival yang diadakan di Tokyo Big Sight. Dibantu oleh penggemar Symphogear dengan nickname zoid9000 yang sudah mencoba demonya, kami akan menjelaskan sedikit mengenai sistem gameplay gamenya.

Pertama-tama Home Menu terdiri dari Menu, Notification, Present Box, Quests, VS Arena, Card Collection, Music Box, Mission, Shop, Gacha & Commander Assist Box. Di Game ini ada 3 Macam jenis mata uang yaitu Energy, Coin & Zesshou Stone. Energy digunakan untuk menjalankan misi, di versi demo untuk menjalankan 1 demo membutuh 3 energy dan tiap energy akan terisi ulang tiapo 3 menit. Coin digunakan untuk mengupgrade Lagu & Karakter Favorit kalian & Zessho Stone digunakan untuk Gacha.

Gameplay terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama adalah Adventure Mode dimana cerita diceritakan lewat Sprites Karakter & Dialog. Demonya sendiri menceritakan Episode 1 dari Season 1. Sayangnya hanya beberapa dialog tertentu saja yang ada suaranya, selain itu terkadang juga ada cut scene dari anime yang ditampilkan.

Bagian kedua gameplaynya tentu saja battlenya. Battlenya biasanya terbagi dalam beberapa Wave, dimana awalnya anda akan melawan noise kecil dulu dan baru melawan boss di di gelombang terakhir. Di Demo yang jadi Bos adalah Nehushtan Fine & Final Form Fine. Sistemnya sendiri menggunakan Active Time Battle dimana karaktermu akan bergerak & menyerang sendiri dan pemain harus mengatur 2 fungsi penting yaitu Lagu & Final Attack.

Ada 2 Macam Final Attack yaitu Physical (Jarak Dekat) & Special (Jarak Jauh). Di Sebelah Bawah Kanan Icon tiap karakter ada 2 Tombol untuk 2 Macam Attack yang bisa kau gunakan jika sudah terisi. Tombol Kuning untuk Physical & Tombol Unggu untuk Special. Untuk bisa menggunakan Final Attack tersebut lagi anda harus menunggu Cool Down beberapa Turn.

Kalau anda mengklik Icon Karakternya maka anda bisa mengganti siapa penyanyi yang aktif & juga memilih lagu yang dinyanyikan. Tiap lagu akan memberikan efek ke karaktermu selama 5 turn dan setelah itu anda bisa pindah ke lagu lainnya.

Di Demonya sebelum battle anda harus membuat team yang terdiri dari 3 orang. Karakter yang bisa dipilih adalah Hibiki, Tsubasa, Chris, Shirabe, Kirika, Maria & Kanade. Sedangkan Miku & Serena tidak ada di demonya, tapi tetap akan muncul di Final Versionnya nanti. Tiap karakternya nanti akan mempunyai tipe masing-masing yaitu Chikara, Chi, Karada, Waza & Kokoro. Kemungkinan tipe tipe tersebut akan berhubungan dengan weakness & strength di gamenya.

Tiap karakter yang anda pilih akan langsung dilengkapi dengan lagu, dan lagu untuk tiap karakter bisa anda ubah di Music Box. Contohnya, Di demo ketika menggunakan Kanade & Lagu Backlit Resolve akan meningkat attack semua karakter pada sebanyak 1% di level 1 (Total ada 40 Level tiap lagu). Tiap lagu yang ada di game tersebut juga merupakan versi fullnya, jadi anda bisa menikmati berbagai lagu symphogear sampai puas.

Semua karakter nanti juga akan mendapatkan teknik baru yang tidak pernah dimunculkan di Animenya seperti Imperial Edge milik Fine & Garyu Gekisou Retsuha milik Hibiki. Tiap karakter juga mempunyai 4 level awakening yang harus dimaksimalkan dan juga agar anda bisa melihat Illustrasi Final dari kartu tersebut.

Selain Kartu Karakter, juga ada Kartu Memoria yang kegunaan masih belum jelas. Kemungkinan mereka digunakan untuk membuka What if Story Scenario atau buat Buff Kartu Karakter.

This slideshow requires JavaScript.

Kurang lebih itulah yang bisa kami jelaskan tentang sistemnya, sekarang kita akan mencoba menggali ceritanya. Dilihat dari Video Pembukanya kelihatannya ceritanya mengambil waktu setelah GX, Karena Desain Gearnya sama dengan GX dan Karakter seperti Ayahnya Hibiki yang baru muncul di GX juga muncul. Tapi setelah kemunculan sebuah relic misterius tiba-tiba karakter yang sudah mati muncul lagi, Relic apakah itu sebenarnya ?

Ada yang menduga itu adalah Relic Triton dari Mitologi Yunani atau Shanka dari Mitologi Hindu, tapi yang paling masuk akal sepertinya adalah Gjallarhorn dari Mitologi Nordik. Di Mitologi Nordik diceritakan kalau Dewa Heimdallr membangkitkan Dewa-Dewa Terdahulu sebelum Ragnarok terjadi dan juga membangkitkan para Pejuang mati yang dikenal dengan nama Einherjar. Bagaimana menurut kalian ?

Facebook Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!