Seorang Pria Pengangguran Di Jepang Ditangkap Polisi Karena Menjual Ilustrasi Bertanda Tangan Makoto Shinkai Yang Palsu

Departemen kepolisian prefektur Okayama pada hari Rabu kemarin menahan seorang pria pengangguran berusia 32 tahun di Hino karena dicurigai melakukan penipuan. Pria tersebut diduga menjual ilustrasi bertanda tangan melalui pelelangan di internet dan mengklaim ilustrasi tersebut otentik ditandatangani oleh Hayao Miyazaki dan Makoto Shinkai.

Tersangka diduga memiliki 279 ilustrasi yang dipamerkan di situs pelelangan dari Juli lalu sampai Maret lalu. Ketika polisi menggeledah rumahnya, mereka juga menemukan ilustrasi yang “ditandatangani” oleh Masashi Kishimoto, Takashi Yanase, Shigeru Mizuki, dan lain-lain.

Polisi menangkap pria tersebut setelah mendapatkan laporan bahwa dua ilustrasi yang dilelangnya pada bulan Oktober dan November tahun lalu ternyata palsu. Pelaku yang tidak bertanggung jawab tersebut mengklaim ilustrasi tersebut otentik ditandatangani oleh Hayao Miyazaki dan satu lagi oleh Makoto Shinkai. Seorang pria berusia 34 tahun dari Bizen, Okayama membayar 17.000 yen untuk salah satu dari barang palsu tersebut sementara seorang pria berusia 23 tahun dari Toyohashi, Aichi membeli sisanya yang satu lagi seharga 7.750 yen. Ditambah ongkos pengiriman, keduanya membayar total 25.550 yen untuk ilustrasi yang diduga palsu tersebut.

Makoto Shinkai sendiri sebelumnya pernah memperingati dan memberitahukan diblognya bahwa ilustrasi bertandatangan yang dijual di pelelangan tersebut palsu dan tidak otentik.

source : ann

Leave a Reply