Seiyuu Yuu Asakawa Memberikan Wejangan Kepada Para Wibu Yang Berangan-Angan Ingin Menjadi Seiyuu Di Jepang

Buat para wibu yang baru mengenal jejepangan tentu akan menganggap semua yang berbau Jepang adalah The Best. Menjadi seiyuu mungkin menjadi salah satu angan-angan dari para wibu tersebut. Sepintas dalam benak para wibu mungkin pekerjaan sebagai seiyuu adalah pekerjaan yang mudah dan mempunyai prospek yang bagus untuk masa depan. Tampil dengan gaya yang moe di depan panggung, mempunyai fans yang loyal mungkin pekerjaan ini terlihat menyenangkan. Namun pada realitanya sebenarnya tidak demikian.

Beberapa saat yang lalu, seiyuu Yuu Asakawa membuat sebuah postingan di akun media sosialnya tentang realita menjadi seorang seiyuu. Doi dalam postingannya menggambarkan bahwa menjadi seorang seiyuu ternyata tidak semenyenangkan yang dipikirkan oleh para wibu. Berikut postingan dari doi tersebut mimin tampilkan :

Terjemahannya kira-kira seperti ini :
Menjadi seiyuu / pengisi suara itu seperti hidup berada di ujung tanduk setiap hari. Tidak aman, tidak ada asuransi kecelakaan industri untuk kita. Ada semacam serikat pengisi suara akan tetapi tidak tahu apakah mereka akan membantu kita saat kita benar-benar membutuhkan mereka. Bahkan jika kamu bisa berafiliasi dengan sebuah agensi, sebagian besar agensi seiyuu hanyalah agensi temporer. Mereka hanya mengatur jadwalmu dan terkadang mereka membantu mempromosikanmu untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi jika kamu gagal, mereka tidak akan peduli denganmu karena bisa dibuang dan mereka memiliki banyak pengganti.
Bagaimanapun, saya ingin kalian berpikir lebih matang jika ingin menjadi seorang seiyuu di Jepang. Saya telah banyak bertemu dengan berbagai wibu orang di AS dan Kanada yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang seiyuu di Jepang. Itu sangat mengagumkan dan saya sangat bangga, saya sangat senang mendengarkan hal tersebut. Jadi saya tidak mengatakan bahwa saya menentang impianmu. Saya hanya ingin mengatakan, jangan hanya mengejar mimpi secara buta. Saya berpikir ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan dapatkan sebelum kamu mengejar mimpimu 🙂
Jika kamu benar-benar menyukai karakter anime dan ingin menjadi seperti mereka, saya sarankan kamu untuk menjadi seorang cosplayer saja bukan seorang seiyuu (Ini bukan berarti saya menghina cosplayer). Menjadi seorang penggemar anime dan menjadi seorang seiyuu profesional itu benar-benar hal yang berbeda. Seiyuu itu menyanyi dan menari di atas panggung dengan suara animenya yang lucu tidak untuk bersenang-senang. (Sayangnya, terlihat seperti itu saat ini …!)
Masih ingin menjadi seorang seiyuu di jepang? Ini adalah pekerjaan yang sangat sulit tapi juga mengagumkan. Semoga kalian berhasil 😀

Membaca postingan dari doi tersebut kita bisa membayangkan bahwa menjadi seiyuu ternyata tidak gamblang bahkan untuk yang telah menamatkan pendidikannya sebagai seiyuu di Jepang pun masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan apalagi menjadi terkenal seperti yang terjadi pada seiyuu Jenya dan Oozora Naomi.

So weebs masih berpikiran menjadi seiyuu itu gampang dan menyenangkan?

Leave a Reply