Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru – Hanayui no Kirameki – Dimana Semua Ksatria Berkumpul

“Aku mohon… jangan membenciku… sayangi aku…” — ███████

Mungkin beberapa dari kalian sudah memainkan mobage Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru – Hanayui no Kirameki atau sering disingkat Yuyuyui, namun tidak ada salahnya kami mengupas sedikit tentang game Yuyuyui ini. Game Yuyuyui ini dirilis sekitar tiga bulan yang lalu pada platform Android dan iOS. Selanjutnya untuk versi PC sendiri akan dirilis pada tanggal 21 Desember 2017 melalui DMM Games.


Main visual art Yuyuyui

Cerita dan Karakter

Yuyuyui menyuguhkan cerita original yang dikenal dengan Buku Hanayui dimana ksatria-ksatria dipanggil ke dalam dunia khusus ciptaan Shinju-sama. Ksatria yang dipanggil berasal dari berbagai jaman untuk melawan vertex yang dikirim oleh dewa-dewa yang memberontak.
Dalam Buku Hanayui kita akan menemukan hal-hal menarik seperti bagaimana reaksi Nogi Wakaba mendengarkan keadaan dunia setelah 300 tahun hidupnya, bagainama reaksi Nogi Sonoko versi SD bertemu dengan dirinya sendiri versi SMP, dan lain sebagainya. Untuk mencegah spoiler, kami tidak menuliskan cerita lengkapnya di sini.
Selain cerita original Buku Hanayui, game ini juga menyuguhkan cerita-cerita sesuai dengan novel Yuusha de Aru series yang telah terbit, yang terbagi dalam Buku Yuuki Yuuna, Buku Washio Sumi, Buku Nogi Wakaba, dan Buku Shiratori Utano. Kami berharap cerita Kusunoki Mebuki segera dimasukkan ke dalam game ini.

Karakter-karakter yang muncul dalam game ini sesuai dengan cerita asli dalam novel yang telah terbit.



Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru
Yuuki Yuuna, Tougou Mimori, Inubouzaki Fuu, Inubouzaki Itsuki, Miyoshi Karin, dan Nogi Sonoko (Versi SMP)


Washio Sumi wa Yuusha de Aru
Washio Sumi, Minowa Gin, dan Nogi Sonoko (Versi SD)


Nogi Wakaba wa Yuusha de Aru
Nogi Wakaba, Doi Tamako, Iyojima Anzu, ███████, Takashima Yuuna, dan Uesato Hinata


Shiratori Utano wa Yuusha de Aru
Shiratori Utano dan Fujimori Mito


Karakter Original Yuyuyui
Akihara Sekka dan Kohagura Natsume


Semua karakter di atas merupakan playable character kecuali Nogi Sonoko versi SMP, Uesato Hinata, dan Fujimori Mito. Hinata dan Mito berperan sebagai cenayang, wajar kalau tidak ikut berperang melawan vertex. Kami masih penasaran mengapa Sonoko versi SMP sampai saat ini belum menjadi playable character hingga saat ini.

Game System

“Eat well, play well, gacha well….”

Sistem game ini sesuai dengan kebanyakan game mobaga saat ini, untuk memanggil ksatria untuk memasuki dunia khusus Shinju-sama harus melalui gacha. Untuk meningkatkan kekuatan ksatria, mereka harus memakan banyak udon agar menang dalam pertarungan melawan vertex.
Mekanisme pertarungan dalam game Yuyuyui ini tidaklah asing jika kalian pernah memainkan Chain Chronicle atau Plant vs. Zombie. Kita menggerakkan para skatria untuk menahan dan menghancurkan vertex agar vertex-vertex tersebut tidak menyentuh Shinju-sama. Berikut ini merupakan cuplikan permainan pada Buku Shiratori Utano chapter 2-1 dan 2-2 yang salah satu member mainkan. chapter 2-1 merupakan cerita dan chapter 2-2 merupakan pertarungan melawan vertex.



Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu kelebihan dalam game ini adalah semua cerita yang disuguhkan dengan full voiced. Tidak hanya dalam cerita utama, namun dalam cerita sampingan dan cerita event semuanya full voiced.
Mekanisme game ini tergolong mudah dan simpel sehingga dapat dimainkan oleh casual gamer. Selain itu, kami menilai game ini tergolong F2P friendly. Kami menemukan bahwa kertu R berpotensi lebih kuat daripada kartu SSR dalam F2P dan casual play.

Di sisi lain, kekurangan dan mungkin menjadi hal yang fatal bagi pemain yang memiliki keterbatasan kuota internet, manajemen data storage game ini memiliki masalah. Dalam beberapa kasus, kami menemukan beberapa pemain harus mendownload ulang semua cache data meskipun save data gamenya tidak hilang. Hal ini dikarenakan cache game tidak sengaja terhapus oleh sistem android, cache game ini dikenali sebagai general cache data sehingga sering dikenali sebagai trash data dalam sistem android. Hal ini sering terjadi bagi pemain yang di dalam androidnya terpasang aplikasi cleaner, free space optimizer, atau sejenisnya. Untuk menanggulangi hal ini, berikan pengecualian pada aplikasi Yuyuyui agar cache-nya tidak dihapus secara otomatis.

Penutup

Pada artikel berikutnya kami akan membahas lebih mendalam mengenai mekanisme game serta trik dan tip dalam bermain Yuyuyui.

Kami mohon maaf karena harus menyensor beberapa bagian dalam artikel kali ini, karena jika kami buka informasi ini, kami bisa dibegal oleh Taisha…

Facebook Comments
One Comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!