Kadokawa Dirumorkan Akan Memecat Seiyuu Motomiya Kana Karena Mendukung Studio Yaoyorozu

Maaf mungkin anda ada yang bosan membaca soal Kemono Friends, tapi drama satu ini masih belum berakhir dan berkembang lebih parah. Yang dipecat Kadokawa sepertinya bukan hanya Tatsuki dan Seluruh Anggota Studio Yaoyorozu saja, tapi Seiyuu Motomiya Kana yang juga berpihak kepada Yaoyorozu dikabarkan akan digantikan dengan seiyuu lain.

Tapi soal motomiya kana ini masih rumor tanpa konfirmasi sih, apalagi beliau juga muncul di Kemono Friends Radio yang tayang kemarin lusa. Tapi jika beliau tidak muncul di Nicolive Kemono Friends nanti malam, maka bisa dipastikan Motomiya Kana selaku seiyuu dari Fennec benar-benar dipecat oleh Kadokawa.

Dalam kesempatan kali ini saya juga akan mengulas sedikit soal Episode 12.1 yang diklaim Kadokawa sebagai alasan memecat Tatsuki & Studio Yaoyorozu. Episode 12.1 hanya berdurasi 2 Menit 45 detik dan menceritakan petualangan Fennec dan kawan-kawan mencari bus baru. Tatsuki & dan rekan-rekannya mengerjakan Episode tersebut tanpa bayaran, karena mereka hanya melakukannya untuk bersenang-senang dan untuk berterima kasih kepada para fans.

Terus kenapa Kadokawa mempersalahkan hal ini ? Dalam press releasenya sih mereka mengklaim kalau pembuatan video itu tanpa izin dan seharusnya dikomunikasikan terlebih dahulu. Apakah benar pernyataan Kadokawa tersebut ? Untuk itu mari kita lihat ke belakang ketika Kemono Friends belum dibuat, waktu itu Kadokawa sudah 100% pesimis dengan proyek Kemono Friends sehingga mereka menyerahkan Hak Kreasi Independen sepenuhnya ke Tatsuki & Studio Yaoyorozu. Jadi pembuatan episode 12.1 tersebut tidak menyalahi perjanjian sama sekali, dan merupakan kebebasan Tatsuki. Tapi sepertinya yang membuat Kadokawa marah adalah karena Episode 12.1 dibagikan gratis di internet, padahal Kadokawa ingin memasukannya ke BD agar mendapatkan profit lebih banyak.

Ketika Kemono Friends sukses besar, Kadokawa pun kebingungan dan mencari cara mengambil kembali Hak Kreasi Independen yang diberikan ke Tatsuki. Kadokawa awalnya gagal mendapatkan kembali Hak Kreasi Independen sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya seperti memotong budget Season 2 sampai lebih rendah dari season 1 dan lain-lain sampai berujung pemecatan Tatsuki & Studio Yaoyorozu kemarin. Sungguh kotor sekali cara Kadokawa demi mendapatkan kembali Hak Kreasi Independen Kemono Friends sampai membuang Tatsuki & Studio Yaoyorozu.

Kenapa Kadokawa begitu bernafsu mendapatkan kembali Hak Kreasi Independen Kemono Friends ? Jawabannya simpel karena mereka membutuhkan uang. Sebenarnya saham Kadokawa sudah pernah lebih jatuh dari tingkat lebih rendah kemarin yang disebabkan kurang suksesnya Adaptasi Anime Kantai Collection.

Sebenarnya penghasilannya Kancolle cukup besar sih, tapi karena perjanjian hak cipta membuat sebagian besar keuntungan malah jatuh ke tangan DMM, karena itu mereka sangat desperate mengandalkan Kemofure menutupi kerugiannya.

One Comment

Leave a Reply