[Eroge Review] Kimi to Kanojo to Kanojo no Koi, Eroge dimana Heroine Mendobrak 4th Wall Untuk Bercinta Dengan Pemain

Beberapa hari ini para otaku dibuat heboh oleh Galge berjudul Doki Doki Literature Club!, karena gameplay yang dianggap unik & revolusioner. Tapi sebenarnya jauh sebelum DDLC dibuat, Nitro+ membuat Eroge berjudul Kimi to Kanojo to Kanojo no Koi yang mempunyai mekanisme gameplay yang sama.

Kimi to Kanojo to Kanojo no Koi atau disingkat Totono mungkin sedikit dikenal oleh otaku di luar jepang, karena erogenya hanya tersedia dalam bahasa jepang dan juga tidak gratis, sehingga hanya orang yang mengerti bahasa jepang yang bisa memainkannya. Di sisi lain, DDLC langsung tersedia dalam bahasa inggris dan juga gratis yang membuatnya cepat menjadi sensasi.

Nitro+ memang ahlinya membuat pengalaman unik untuk para otaku, di eroge berjudul Axanael mereka sempat membuat para pemainnya frustasi karena banyak sekali pilihan yang membuat shujinkonya mati. Ketika Totono diumumkan, banyak pemain eroge yang mengira kalau mereka membuat eroge dengan tone yang lebih ringan, tapi dibalik itu ada twist yang tidak terduga.

Mungkin banyak dari anda yang menggunakan walkthrough untuk memainkan eroge, tapi untuk Totono saya sangat menganjurkan anda tidak menggunakan walkthrough, jika anda tetap nekat, anda bisa mengalami hal yang buruk. Kenapa begitu ? karena nanti ketika bermain Totono ada waktunya anda tidak lagi bermain eroge, melainkan eroge memainkan anda.

Protagonist Totono adalah Susuki Shin-ichi yang merupakan pemuda yang tidak mempunyai kemampuan menonjol. Di sekolah, Shin-ichi terdaftar sebagai anggota klub romance novel, tapi sesungguhnya Shin-ichi tidak terlibat di klub manapun. Shin-ichi mempunyai kompleks selalu berada di belakang layar dan diacuhkan oleh teman sejak kecil yang juga Idol sekolah yaitu Miyuki.

Sona Miyuki sendiri merupakan Gakuen Idol yang diberkahi Kecerdasan & Kecantikan. Walau berteman sejak kecil dengan Shin-ichi, tapi Miyuki menyembunyikan hal tersebut dan tak mau berbicara sama sekali dengan Shin-ichi di sekolah. Miyuki juga bukan gadis yang lemah, karena dia pernah menghajar stalker yang menganggunya, sampai sang stalker lumpuh seumur hidup.

Kehidupan Shin-ichi mulai berubah ketika berubah gadis misterius bernama Mukou Aoi yang sulit fokus di kelas dan punya kebiasaan aneh mengirim pesan kepada dewa menggunakan smartphone di Atap Sekolah. Demi membantu Aoi agar bisa berinteraksi dengan normal, maka Shin-ichi meminta bantuan Miyuki. Sejak saat itulah mereka bertiga sering menghabiskan waktu bersama-sama dan muncul cinta segita yang rumit diantara ketiganya.

Awalnya semua terlihat seperti plot eroge pada umumnya dan hubungan Shin-ichi dengan Miyuki membaik. Tapi plot mulai berubah drastis ketika Miyuki terpilih menjadi pemain utama di drama sekolah, yang mengharuskannya mencium partnernya. Setelah mengetahui hal tersebut Shin-ichi dibakar rasa cemburu dan mulai muncul ide-ide jahat di dalam dirinya, tapi Aoi berusaha membantunya dengan berusaha menghubungi dewa / mengatur ulang sistem eroge lewat smartphonenya agar Miyuki tidak bisa menjalin cinta dengan siapapun kecuali Shin-ichi. Ajaibnya Usaha Aoi tersebut terkabul, adegan ciuman di drama dibatalkan, ditambah Miyuki menjadi Kekasihnya Shin-ichi dan happy end deh.

Umumnya ketika main eroge, ketika sudah selesai dengan 1 rute heroine, pasti anda akan melanjutkan ke rute heroine lainnya. Tapi para pemain terkejut ketika saat mulai masuk rute Aoi, Miyuki mencoba menghalanginya dengan segala cara seperti membongkar sisi buruk Aoi. Tapi Shin-ichi tidak terpengaruh dan tetap mecintai Aoi yang membuat tiba-tiba muncul Breaking the Fourth Wall di luar dugaan, Miyuki menjadi yandere membunuh Aoi dan menggunakan smartphonenya untuk menulis ulang Totono. erogenya menjadi error, save datamu dihapus, Tampilan HUD berubah menjadi seperti MS-DOS dan sekarang anda hanya bisa menjalankan semua event yang berhubungan dengan miyuki saja.

Miyuki tau apa yang dilakukan oleh pemain dibaliknya, karena Miyuki bisa mempelajari pola pikir pemain dari backlog. Selain itu Miyuki juga bebas membuat save data, sehingga dia tidak akan pernah terperangkap di bad ending. Pada akhirnya nanti Miyuki mengungkapkan kekacauan ini akibat Shin-ichi sendiri, karena Shin-ichi tidak rela Miyuki dicium orang lain, sehingga membiarkan Aoi mengutuk Miyuki agar hanya bisa menjalin hubungan cinta dengan Shin-ichi.

Miyuki terpaksa melakukan ini karena jika tidak maka Miyuki akan sendirian sampai mati jika Shin-ichi tidak memilihnya. Dalam hal ini saya kagum dengan Nitro+ yang berani sekali membuka hal yang selama ini tidak berani diceritakan. Umumnya jika ketika memilih rute salah satu heroine, maka heroine lain akan bahagia dengan orang lain. Tapi di Totono, jika anda memilih Aoi, berati anda melakukan hal yang sangat kejam karena membiarkan Miyuki sendiri sampai mati.

Kondisi kemudian berkembang ke hal yang semakin tak terduga, Miyuki berhenti berbicara dengan Shin’ichi karena menyadari kalau Shin’ichi adalah tubuh buatan yang dibuat oleh pemain untuk berinteraksi dengannya. Ya, Miyuki sadar dirinya dalam eroge tapi tetap mecintai pemain yang memainkan Totono. Bahkan ketika Miyuki berbicara tidak ada text yang muncul lagi, karena hal tersebut tidak ada dalam naskah. Miyuki kali ini berbicara dengan pemain langsung dan kembali mengungkapkan cintanya.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah untuk memenangkan cinta & kepercayaannya miyuki, tapi hal itu tidak mudah karena pilihan dan urutan adegan mulai saat ini diacak, sehingga walkthrough sekalipun tidak bisa membantumu, yang membuat anda benar-benar harus fokus mengenal segala sesuatu mengenai Miyuki sampai yang sekecil-kecilnya. Selain itu Aoi tiba-tiba menghilang tidak terlihat lagi, tapi jangan sekali-kali menyinggung soal hal itu jika tidak mau membuat marah Miyuki.

Jika Pemain berhasil menyakinkan Miyuki kalau pemain benar-benar mecintainya maka Miyuki mengajakmu ke sekolah. Disana ada teman baik Shin-ichi bernama Yuutarou yang mengungkapkan kalau Aoi tidak menghilang, tapi tinggal bersama keluarganya. Shin-ichi & Aoi kemudian bekerja-sama menghentikan Miyuki, tapi sayang Miyuki berhasil melenyapkan Aoi terlebih dahulu. Shin-ichi tidak menyerah dan menipu Miyuki sehingga mendapatkan smartphonenya dan berusaha mengembalikan dunia menjadi normal, Tapi sayangnya di smartphone Miyuki ada 10 Security Question tentang miyuki yang harus dijawab terlebih dahulu, jika ada yang salah maka harus mengulang lagi dari awal.

Setelah menjawab semua, Miyuki tiba-tiba muncul dari belakang dan membuat pingsan Shin-ichi. Di mimpinya, Shin-ichi melihat berbagai macam alternate reality seperti Ending dimana Miyuki sukses menjadi artis, tapi kehidupannya cintanya gagal total sampai mati, ending dimana Shin-ichi jadi pasangan Yaoi dengan Yuutaro, Ending dimana Shin-ichi tidak memilih siapapun yang membuat Shin-ichi, Miyuki, dan Aoi hidup kesepian sampai mati.

Setelah itu dijelaskan kenapa Miyuki melakukan semua ini, Di Playthrough pertama sebenarnya Miyuki sudah tahu kalau dunianya tempatnya tinggal hanya eroge. Dia juga mengetahui karena ulah Aoi, Totono jadi berubah sehingga dia tidak bisa menjalin hubungan cinta selain dengan Shin. Miyuki sudah mencoba berbagai macam cara sebelumnya mencari cara agar ada ending dimana dia bahagia tanpa menjadi kekasih shin, tapi tidak ada yang berhasil. Tapi Miyuki yang sekarang tidak mempermasalahkan hal itu, karena Miyuki jatuh cinta kepada pemain dan ingin bercinta dengannya dan kita masuk ke adegan H teraneh dalam sejarah eroge.

Setelah adegan H yang menurutku paling aneh, Pemain kali ini menemukan cara mengembalikan dunia seperti semula yaitu dengan Menekan No Telp Dewa + Serial Code eroge + Berapa kali kau bercinta dengan Miyuki di Smartphone tersebut. Setelah itu dunia kembali seperti semula dan Aoi kembali dan meminta maaf kepada miyuki. Setelah itu anda harus memilih keputusan penting untuk memilih salah satu dari kedua heroine tersebut, tapi keputusan tersebut tidak bisa diganti dengan cara load game sekalipun. Satu-satunya cara mengganti keputusannya adalah anda harus menginstall ulang erogenya dan main lagi dari awal.

Setelah berbagai kejadian yang kacau ini, Miyuki tetap mecintai pemain dan memohon kepada pemain untuk memilihnya. Sementara Aoi mengatakan tidak apa-apa jika tidak dipilih sambil menangis. Walau mecintai Shin-ichi juga, Aoi rela melepas Shin-ichi karena menganggap ini hukumannya karena telah mengacaukan eroge ini. Masa-san sendiri pada akhrinya memilih Miyuki, Bagaimana dengan kalian ?

Di Totono, Cintalah yang membuat semuanya berjalan, dan cinta jugalah yang mengakhiri semuanya. eroge ini berhasil mendobrak peraturan fundamental dalam eroge dengan memaksamu hanya bisa memilih salah satu heroine. Buat anda yang protes, kenapa cuma bisa pilih 1 heroine, mainkanlah terlebih dahulu dan eroge ini akan menjelaskan kenapa, meyakinkan anda, sampai membuat anda terlibat sangat dalam. eroge ini terkadang membuat anda frustasi, tapi juga memberi kepuasaan tiada tara.

Di artikel yang kutulis ini masih tidak mengcover keseluruhan cerita, karena mustahil ditulis semuanya, oleh karena itu untuk bisa menikmati cerita Totono keseluruhan, cara satu-satunya adalah memainkan eroge ini langsung. Btw, ada adegan spesial yang bisa dilihat 10 tahun kemudian, tapi tentunya tidak semua orang bisa sabar menunggu selama 10 tahun. Sehingga ada yang mengutak-atik Scriptnya dan menemukan adegan spesial tersebut, yang bisa anda lihat dibawah ini :

Masa-san baru sadar kalau ini pertama kalinya membuat review eroge di OtaCouncil, tapi jangan berharap setelah ini Masa-san akan sering membuat Review Eroge ya. Kali ini spesial, karena sekarang sedang hype-hypenya tentang Doki Doki Literature Club!. Sehingga membuat Masa-san ingin menulis Totono, supaya semua orang tau sebelum DDLC, ada Totono yang menggunakan konsep serupa.

4 Comments

Leave a Reply