Cerita asli dari  Kota Bandung : LiveBola

Kumpulan  cerita rakyat  dari Jawa Barat ysudut yang sangat menarik

Ada beberapa cerita rakyat dari Jawa Barat yang memiliki pesan agar bisa diambil pelajaran, tentunya setiap daerah di Indonesia memiliki cerita rakyat. Di mana banyak orang percaya bahwa cerita itu hanyalah sebuah esai sehingga tidak dapat terbukti benar. Tetapi bahkan jika tampaknya diambil ada pesan yang dapat diambil dari cerita.

Tentunya kisah ini harus diketahui oleh generasi muda agar tidak dilupakan. Apalagi saat ini, sudah banyak generasi muda yang hanya suka bermain internet tanpa mengetahui cerita rakyat semacam ini.

Kondisi ini, jika dibiarkan tidak terkendali, dapat berdampak buruk pada kelangsungan cerita ini. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cerita yang harus Anda  ketahui karena sangat penuh makna. Karena cerita rakyat dari Jawa Barat ini  bukan hanya cerita yang sangat menarik untuk dibaca.

Apalagi ada nilai-nilai kehidupan yang bisa kita pelajari agar bisa menjadi contoh bagi generasi penerus. Dengan cara ini, nilai-nilai tersebut akan dipraktikkan agar dapat memberikan efek positif bagi generasi muda di masa depan.

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

Cerita rakyat dari  Jawa Barat ini  bercerita tentang Sangkuriang yang mencintai ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Ibu yang tahu bahwa dia akan menikahi anaknya meminta untuk menghentikan pernikahan.

Namun tak disangka, putranya setuju dengan persyaratan ini di mana ia harus membangun perahu sebelum fajar. Pekerjaan yang dilakukan Sangkuriang menjadi cepat selesai karena ada bantuan jin.

Dayang Sumbi yang melihat hal tersebut sempat meretas otaknya untuk melakukan cara agar pekerjaan tidak selesai. Oleh karena itu, dia menggulung kain sutra agar menyerupai pagi itu, suatu kondisi yang menyebabkan ayam itu menjadi forum karena dia pikir pagi itu akan datang.

Namun Sangkuriang saat itu tidak menyelesaikan pekerjaannya hingga kesal karena ibunya menolak lamarannya. Karena itu, dia terjebak ketika dia menendang perahu dari kasar. Perahu itu akhirnya ditolak sehingga menjadi gunung yang sebenarnya dikenal sebagai perahu Tangkuban.

Tentunya cerita rakyat dari Jawa Barat ini  sangat menarik untuk diketahui bahwa Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di  Jawa Barat. Selain itu, gunung ini juga berbentuk perahu yang dipercaya banyak orang dalam cerita ini.

Ditambah lagi memiliki cerita yang menarik, gunung ini juga memiliki selera yang  baik bagi banyak orang seperti itu. Apalagi banyak pesan moral yang bisa diambil dari cerita tersebut, terutama mengenai hubungan antara ibu dan anak.

Cerita asli dari  Kota Bandung

Cerita rakyat lain dari  Jawa Barat adalah tentang asal-usul kota La Bandung. Cerita dimulai dengan persaingan antara Jaka dan wira yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Dimana alam keduanya saling berseberangan, namun saling melengkapi sehingga sama kerennya.

Namun, konflik mereka mulai terjadi ketika orang-orang seperti wanita yang sama, Sekar, yang merupakan putri guru mereka. Jaka yang memiliki wajah baik akhirnya meminta Sekar namun tangan ayahnya tanpa  persetujuan putt menerima lamaran tersebut.

Tapi sebenarnya Sekar menyukai Wira sehingga menolak lamaran yang diperebutkan secara halus di mana dia akan menikahi seseorang yang akan mematikan wastafel vintage Tangkuban. Akhirnya, Jaka dan Wira mencari cara untuk memenangkan kompetisi tetapi Jaka sebenarnya tidak bisa melakukan itu.

Tapi dia setuju dengan itu tetapi setelah harus menaikkan burung beo alih-alih mencari cara untuk menyiram lava, dia bermain-main. Namun, itu berbeda dari apa yang dilakukan Wira di mana dia melakukan berbagai cara untuk mematikan wastafel. Hingga akhirnya ia melihat kayu yang membuat pos pemeriksaan keluar dari kayu.

Akhirnya, ini membuatnya menemukan cara untuk mematikan lava. Hingga akhirnya Wira telah memblokir Sungai Cite dengan mendobrak bukit tersebut sehingga dapat membendung air sungai tersebut hingga akhirnya mampu menyiram lahar tersebut pada perahu gunung Tangkuban.

Itu sebabnya pada akhirnya dia membuat terowongan itu menjadi danau. Pada akhirnya, Wira dan Sekar akhirnya menikah dan memiliki anak. Namun, setelah bertahun-tahun, mimpi yang tercipta karena pembuangan air yang tinggi untuk air di danau menjadi kering.

Alhasil, ada negara yang tampak pengecut yang membuat banyak orang pindah ke tempat baru tersebut. Hingga akhirnya tempat baru tersebut menjadi kota Bandung yang disebut mimpi atau aneh. Ini adalah cerita rakyat Jawa Barat yang masih belum diketahui banyak orang.

 Folklore Sou Lutung Kasarung

Cerita rakyat dari  Jawa Barat yang tak kalah menarik adalah tentang Lutung Kasarung yang bercerita tentang seorang pangeran bernama Purbasari yang bertemu dengan pertemuan yang dikutuk sebagai kera. Putria Purbasari sendiri dicampakkan oleh kakaknya karena digunakan untuk jantungnya seakan terkena gangguan kulit.

Cwarisan orang Jawa Barat lutung kasarung.   Itu karena penyakitnya menyebabkan dia tergelincir ke hutan untuk memenuhi bahasa tersebut. Lidah, yang benar-benar dicintai di masa lalu, akhirnya berdoa kepada Yang Mahakuasa agar danau muncul air yang dapat menyembuhkan  penyakit  kulit  .

Kemudian,  setelah menyembuhkan gangguan kulitnya  , mereka akhirnya kembali ke  istana, tetapi kakak laki-laki itu menyebut  tujuan Pangeran untuk cemburu dan takut kekuatannya akan dikembalikan ke Persari. Akhirnya, saudara laki-laki itu meminta raja untuk berlomba, yaitu kompetisi cepat dan rambut.

Di kedua balapan tersebut, adik laki-laki yang menjadi pemenang Big Brother meminta Raja untuk membuat sirkuit baru untuk menentukan siapa pemenangnya. Sirkuit ini tentang siapa mitra kap terbaik.

Hingga akhirnya Purbasari sempat membawa lidah dan menghadirkannya sebagai pasangannya, namun kakaknya mengejeknya karena pasangannya adalah kera. Sebagai akibat dari kesedihan itu, ia akhirnya berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk mengembalikan bentuknya ke keadaan semula dan kemudian dikabulkan.

Di  akhir  festival Jawa  Barat ini, Purbasari menjadi pemenang mimpi kerajaan dan saudaranya    Purbarag tidak dikenakan hukuman bahkan ketika dia membuktikan bahwa dia bersalah dan kalah.

 Cerita rakyat Sou Reef Nini

Cerita rakyat jawa  barat lainnya yang  tak kalah menarik adalah di Karang Nini di mana ceritanya diawali dengan pasangan tua yang namanya bisa dikaruniai anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, suami akan melaut dan di pagi hari akan pulang dengan hasil tangkapan yang akan terbakar sendiri atau laku.

Namun suatu hari, sang suami diizinkan melaut, namun hingga saat ini sang suami tidak pulang ke rumah. Selain itu, sang istri juga menjadi panik untuk membawa suami dan orang lain ke desa mereka. Namun, suatu hari, istri yang akhirnya meninggalkan yang maha kuasa bertemu dengan yang maha kuasa.

Tapi tiba-tiba sebuah batu muncul, di mana seseorang mengatakan bahwa Stone adalah sewaan suaminya. Akhirnya, sang istri terkejut ketika dia berdoa kepada Yang Mahakuasa untuk menjadi batu seperti suaminya juga.

Tentunya kedua batu tersebut diposisikan bersebelahan, yang hingga saat ini masih bisa dilihat di pantai karang nini. Jadi ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari kisah di atas mengenai kesetiaan seorang istri. Sehingga sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui cerita  rakyat Jawa Barat ini. Sehingga ada banyak pelajaran yang bisa diambil dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya