[Travel Guide] The Onsen Resort, Tempat Untuk Menikmati Nuansa Jepang di Kota Batu Jawa Timur

Sudah lama Masa-san tidak membuat Travel Guide, artikel terakhir yang dibuat adalah tentang Sushi Halal di Asakusa. Kali ini Masa-san akan mengulas sebuah tempat di Batu dimana anda bisa menikmati Suasana sepert di jepang. Tampat yang kumaksud adalah The Onsen Resort yang terletak di di Songgoriti, Batu, Jawa Timur.

Resort yang terletak di Jalan Raya Arumdalu 98 Songgoriti tersebut baru saja dibuka untuk umum pada Tanggal 3 November 2017 kemarin. Saat anda mau pergi kesana nanti, Saya sarankan perhatikan benar-benar rutenya, Karena jalan menuju ke lokasinya cukup bikin membingungkan, sehingga besar sekali kemungkinan tersasar. Walau belum dibuka sebulan, tapi sudah ada komplain karena lokasinya yang kurang strategis dan juga di depan pemakaman umum. Tapi buat sebagian orang di depan pemakaman umum mungkin bisa jadi nilai plus, karena bisa sekalian uji keberanian, lol.

Karena di website yang bersangkutan tidak ada form booking atau sejenisnya, jadi kemarin Masa-san pergi kesana tanpa booking terlebih dahulu. Saat Masa-san sampai pada sekitar jam 12 siang, tempat parkir sudah penuh hingga ke pinggiran jalan, sehingga kami tidak dapat masuk dan diminta kembali lagi nanti jam 2 siang oleh petugas keamanannya. Setelah menghabiskan waktu di kota Batu, Masa-san kembali lagi ke Onsen Resort jam 2 siang. Deretan mobil yang parkir sudah berkurang jauh, sehingga kami bisa masuk dengan merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 per orang dengan rincian Rp. 10.000 untuk tiket masuk dan Rp. 40.000 untuk welcome drink (wajib dibayar!). Tiket tersebut juga bisa anda tukarkan dengan 2 botol minuman di Resepsionis.

Kami kemudian bertanya-tanya berbagai hal dengan resepisonis. Harga normal untuk menginap yang tertera di Page FB adalah 3 Juta untuk Cottage 2 Bed Room (Kapasitas 4 Orang) dan 4 juta untuk Cottage 3 Bed Room (Kapasitas 6 Orang). Ada juga Opsi Extra Bed seharga Rp. 250.000 Malam, tapi jumlah Extra Bed yang diperbolehkan di tiap Room hanya 1 saja.

Tapi sepertinya harganya juga bisa berubah tergantung musim, saya mencoba tanya harga untuk akhir pekan minggu pertama bulan Januari 2018 dikenakan 4.5 juta & 6 Juta untuk Cottage 2 Bed Room & 3 Bed Room. Tapi untungnya sampai desember 2017 nanti ada diskon mulai 20% sampai 50% yang ditentukan hari saat anda menginap. Selain itu juga ada Hall yang disewakan, sehingga jika anda mau mengadakan meeting penting atau resepsi pernikahan ^^ dan sejenisnya bisa mencobanya.

Setelah itu kemudian kami langsung pergi ke Restorannya, interiornya sendiri tidak jauh berbeda dengan restoran jepang pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah konsepnya terbuka, sehingga anda bisa menikmati pemandangan nuansa jepang di sekitarnya. Makananya sendiri juga tidak ada yang unik dan rasanya biasa saja, Masa-san dan teman-teman disana memesan berbagai macam makanan seperti Nigiri Sushi, Miso Soup, Norimaki, Nigiri Sushi dan lain-lain. Selain itu buat anda yang tidak suka masakan Jepang, juga ada menu makanan Indonesia & barat juga.

Disebelah Restoran ada onsen yang nantinya dibuka untuk umum. Saat tulisan ini diturunkan onsen belum dibuka untuk umum dan belum ada penetapan tarif dari pihak manajemen resort. Dari foto yang kami liat di resepsionis, tempatnya memang cukup bagus, dari luar juga terlihat bangunannya didesain dengan cukup bagus. Selain itu disetiap di cottage juga ada onsen terbuka yang bisa dinikmati oleh penyewa cottage.

Setelah itu kami berjalan-jalan di sekitar cottage dan banyak sekali pemandangan bagus untuk berfoto-foto dan bahkan juga ada tempat khusus untuk upacara minum teh. Tapi sayangnya, Resort ini tidak terlalu besar sehingga hanya butuh waktu kurang dari 20 menit untuk mengelilinginya. Jadi ini bukan tempat yang cocok buat anda yang ingin mengelilingi taman yang besar seperti Jatim Park. Resort ini sepertinya hanya cocok bagi anda yang ingin beristirahat dengan tenang sambil bersantai di Onsen bersama keluarga atau kekasih anda.

2 Comments

Leave a Reply