[C3AFASG 2017] Interview Eksklusif OtaCouncil Bersama Penyanyi Anisong fripSide

fripSide adalah grup band duo yang bergenre pop dan trance berasal dari Jepang, dibentuk pada bulan Februari 2002 oleh komposer Satoshi Yaginuma (Sat) dan vokalis Nao. Diawal karirnya, fripSide merilis lagu-lagu mereka di komunitas muzie dimana para pemusik amatir dan Indie berkumpul. Album fripSide selalu laku keras di toko online muzie, 6.000 kopi terjual sampai bulan Juli 2006. Pada tanggal 15 Maret 2009, Nao mengumumkan mengundurkan diri dari band fripSide untuk merintis karir baru sebagai penyanyi solo. Yoshino Nanjo pun terpilih menjadi vokalis baru untuk menggantikan Nao. Mereka debut dibawah label rekaman Geneon Universal Entertainment dengan single pertama “only my railgun” pada tanggal 4 November 2009. Single ini berhasil menduduki peringkat ketiga pada Oricon weekly charts dengan penjualan pada minggu pertama sebanyak 26.000 kopi. Single ini juga dipakai sebagai lagu pembuka untuk anime “To Aru No Kagaku No Railgun”.

Pada event C3AFA Singapore 2017 di Singapura, tim Otacouncil berkesempatan untuk melakukan interview eksklusif dengan fripSide. Berikut hasil wawancaranya :

Apa yang bisa kalian beritahukan kepada para fans tentang lagu baru fripSide yang berjudul killing bites?

Sat : Lagu ini merupakan lagu pembuka dari anime yang berjudul sama killing bites yang menceritakan tentang pertarungan antar sesama Hybrid Manusia-Binatang. Karena bertema pertarungan lagu ini akan bergenre rock dan genre ini merupakan genre yang baru untuk fripSide . Kami berharap para fans dapat menikmatinya.

Pertanyaan untuk Sat, kelihatannya Altima akan kembali dari hiatus dan akan tampil di NBCUniversal ANIME×MUSIC FESTIVAL. Apakah ada kemungkinan fripSide akan berkolaborasi dengan Altima di masa depan?

Sat : Sepertinya tidak ada

Nanjo : Sat-san tidak bisa dibelah menjadi setengah hahaha

Sat : Bagi saya fripSide adalah fripSide dan Altima adalah Altima dan saya ingin fokus masing-masing secara terpisah karena keduanya berbeda namun kolaborasi sepertinya terdengar seperti ide yang menarik untuk dicoba dan kalau memungkinkan terjadi kalian dapat menantikannya di masa depan nanti

Sejak pertama kali debut apakah momen yang paling berkesan untuk kalian?

Sat : Tahun ini merupakan perayaan 15th anniversary dari fripSide dan sudah 8 tahun Nanjo bergabung dengan fripSide. Ini sangat mengagumkan karena dalam beberapa tahun ini tidak hanya fans di Jepang namun juga semua fans di luar negeri yang mendukung dan mencintai musik kami ini seperti Circle of smile. Bagi saya kami tetap bisa melanjutkan adalah seperti sebuah keajaiban dan itu merupakan momen yang penting bagi saya.

Nanjo : Bisa berkolaborasi dengan artis seperti senpai saya Kotoko dan bisa berkolaborasi dengan mantan vokalis fripSide Nao di konser fripSide 10th Anniversary Live 2012 ~Decade Tokyo merupakan momen yang penting juga untuk fripSide dan karena tahun ini merupakan 15th anniversary dari fripSide semua hal yang terjadi juga merupakan momen yang penting untuk kami

Sejak awal, musik dari fripSide dikomposeri oleh Sat-san.Bisa ceritakan bagaimana prosesnya?

Sat : Persocon! Saya akan bergulat dengan persocon sampai semuanya selesai. Hal ini membutuhkan banyak keberanian dan upaya juga keringat, darah dan air mata serta hanamizu(ingus). (tertawa semua)

Kalian juga menyanyikan lagu tema untuk game. Apakah ada perbedaan ketika menyanyikan lagu tema untuk game dan anime?

Sat : Tentu Ada perbedaan ketika menyanyikan lagu untuk tema anime dan game. Batas waktu ketika menyanyikan lagu tema untuk anime yaitu sekitar 89 detik sampai dengan 89.5 detik dan untuk game batas waktunya adalah 1 menit dan mungkin sampai 2 menit. Dengan durasi yang lebih bebas kami dapat lebih mengekspresikan diri kami ketika menyanyikan lagu tema game namun karena kami adalah penyanyi anisong jadi kami juga akan lebih berusaha ketika menyanyikan lagu tema anime.

Apa perasaan kalian ketika bisa kembali ke Singapura dan adakah yang kalian rindukan dari Singapura?

Nanjo : Kami sangat senang bisa kembali ke Singapura dan ketika kami berpindah tempat dari bus kami mengingat memori ketika kami dulu berkunjung seperti saat ke merlion dan kami akan menyimpan lebih banyak memori dari yang sebelumnya dan saya juga suka dengan chicken rice. Saya akan membeli saosnya untuk dibawa pulang dan saya juga suka dengan Kaya Jam(Selai Srikaya).

Pada beberapa video musik fripSide kalian melakukan kolaborasi dengan komedian. Apakah ada alasan khusus untuk hal tersebut?

Sat : Kami menggunakan komedian karena mereka lucu namun untuk para fans luar negeri mungkin mereka tidak mengenal komedian tersebut dan bertanya-tanya siapa mereka karena mereka hanya terkenal di Jepang. Kami ingin menggunakan orang yang dikenal secara global dan mungkin itu akan kami lakukan di masa depan namun akan sulit karena mereka juga sibuk.
Hmm siapa ya orang yang populer secara global sepertinya penyanyi PPAP hahaha. Dia sudah melakukan kolaborasi dengan LiSA mungkin kami dapat memilihnya. Chiemi Blouson dan Watanabe Nami juga lumayan populer di luar negeri mungkin kami juga dapat memilihnya untuk tampil di video musik kami yang berikutnya.

Dapatkah kalian menceritakan tentang konsep dari album fripSide 15th anniversary yang berjudul crossroad?

Sat : Sudah 15 tahun fripSide malang melintang kami ingin membawa kembali lagu sebelumnya dimana saat Nanjo belum bergabung jadi kalian dapat merasakan siapa kami sekarang. Kami juga akan membawakan lagu baru. Kami juga melakukan voting tidak hanya untuk fans Jepang namun juga fans luar negeri untuk memilih lagu yang akan dimasukkan.

Mulai dari sekarang apakah fripSide mempunyai tujuan jangka panjang untuk diraih?

Sat : Hal yang paling sulit dari setiap artis adalah melanjutkan akan selalu ada akhir. Dimasa depan saya berharap tetap bisa eksis dan tetap bermusik sebagai fripSide tidak hanya untuk fans Jepang namun juga untuk fans diluar negeri.

Nanjo : fripSide itu tentang Sat yang mengekspresikan musiknya dan saya yang menambahkan vokal yang ingin saya ekspresikan. Banyak hal menarik terjadi selama ini di fripSide seperti memiliki komedian di musik video dan melakukan kejutan di konser. Saya berharap sebagai fripSide kami dapat tetap mengekspresikan musik kami dan para fans dapat menikmatinya.

Apakah kalian memiliki pengalaman yang unik ketika melakukan kolaborasi dengan angela?

Nanjo : Pertanyaan yang menarik, Angela adalah grup yang powerfull begitu banyak energi ketika mereka perform dan diluar panggung mereka adalah orang yang ramah seperti seorang oniisan dan oneechan yang baik.

Sat : Angela sudah beberapa kali perform di Singapura dan tentu kalian sudah tahu energi yang dimiliki oleh mereka. Untuk Nanjo dia lebih muda dari Angela namun untuk saya mereka mempunyai umur yang sama jadi Nanjo seharusnya memanggil mereka ojiisan dan obaasan bukan oniisan dan oneechan. (tertawa semua) Ini cuma candaan saja, mereka orang yang sangat baik dan saya menyukai mereka.

Nanjo : Apakah waktu angela perform di Singapura pernah mengatakan bahwa mereka adalah fripSide di panggung? (belum pernah) Pada konser malam ini kami akan melakukannya dan mengatakan kami adalah angela dan mungkin ketika angela datang lagi mereka akan melakukan yang sama. Jadi ketika kami melakukannya malam nanti kalian akan tahu mengapa (tertawa semua)

Sat : Jarang ada duo grup pria dan wanita di Jepang, kami melihat angela sebagai rival namun juga sebagai teman karena mereka juga sama dengan kami bermusik dengan duo grup pria dan wanita.

Tanpa terasa sesi eksklusif interview dengan fripSide pun sudah usai.

Demikianlah interview antara tim Otacouncil bersama fripSide. Mudah-mudahan kedepannya fripSide berkesempatan untuk bisa mengunjungi Singapura dan Indonesia lagi dan kami mendapat kesempatan lagi untuk melakukan interview lebih lanjut bersama fripSide.

One Comment

Leave a Reply