[C3AFASG 2017] Interview Eksklusif OtaCouncil Bersama Penyanyi Anisong FLOW

Flow adalah rock band Jepang yang dibentuk pada tahun 1998 dibawah label rekaman Ki/oon Music. Flow memiliki lima orang member yaitu dua vokalis Keigo Hayashi dan Koshi Asakawa, drummer Hiroshi Iwasaki, bassist Yasutaro Goto dan gitaris Takeshi Asakawa. Pada bulan Februari 2017 band ini telah merilis 31 single dan 10 album. Lagu-lagu mereka telah banyak dipakai sebagai lagu tema untuk berbagai anime populer seperti Naruto dan Code Geass.

Pada event C3AFA Singapore 2017 di Singapura, tim Otacouncil berkesempatan untuk melakukan interview eksklusif dengan FLOW. Berikut hasil wawancaranya :

Q : Pada album NARUTO FINAL BEST yang akan dirilis akhir tahun ini para fans dapat memvoting lagu yang akan dimasukkan dalam album tersebut dan ternyata dua dari FLOW terpilih yaitu GO!!! dan Sign. Bagaimana perasaan kalian tentang hal tersebut?

A : Kami sudah membawakan lagu tema untuk Naruto sebanyak lima kali dan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami karena fans Naruto sudah memilih dua lagu kami untuk album NARUTO FINAL BEST. Kami sangat senang sekali ketika mendengar kabar tersebut.

Q : FLOW telah aktif di event Act Againts AIDS selama bertahun-tahun. Apakah yang memotivasi para member untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan tersebut?

A : Kami sangat terkejut kalian bisa tahu sampai sejauh ini. Kami melakukan konser di Sendai untuk event Act Againts AIDS pada tanggal 26 November 2017. Sendai merupakan tempat yang spesial untuk kami juga karena tentu kalian sudah tahu tentang tragedi yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011. Kami juga masih belajar tentang AIDS yang dimana masih menjadi perhatian yang harus diketahui dan harus diwaspadai oleh semua orang. Kami pikir ada kekuatan dalam musik kami, selalu ada kekuatan dalam musik jadi kami berharap agar bisa terus tampil dan berpartisipasi agar kami bisa meningkatkan kesadaran tentang bahaya akan AIDS

Q : Bagaimana perasaan kalian bisa kembali ke C3AFA Singapore 2017 setelah AFAID15?

A : So Happy (hahaha)

Q : Selamat untuk 15th Anniversary Year nya FLOW tahun ini. Dapatkah kalian sharing perasaan kalian tentang hal tersebut?

A : Angka 15 merupakan angka yang spesial untuk kami. Kami suka perform dan akan terus perform. Di bulan Januari 2018 mendatang kami akan berkolaborasi dengan Granrodeo dan mengadakan live di Jepang dan Taiwan. Kami berharap agar bisa terus perform di masa depan.

Q : FLOW telah banyak perform di banyak negara selain di Jepang. Apakah ada perbedaan ketika perform di Jepang dan luar negeri?

A : Ini adalah pertanyaan umum yang selalu kami dapatkan. Ketika kami perform di luar negeri para fans terlihat penuh gairah dan ini merupakan keempat kalinya kami ke Singapura. Setiap kali kami kembali ke Singapura kami merasa penonton atau fans seperti bagian dari kami dan kami juga merasakan para fans menikmatinya bersama kami di stage.

Q : Apakah FLOW akan menampilkan special perform atau kejutan untuk C3AFA Singapore 2017 kali ini?

A : Kejutan adalah kejutan kami tidak ingin kalian mengetahuinya terlalu banyak hahaha namun kami akan memberikan sedikit hint untuk kalian, akan ada beberapa orang atau grup yang akan bergabung nanti namun bukan Granrodeo. Nantikan saja nanti.

Q : Apa yang menginspirasi kalian untuk memainkan mixed style rock music?

A : Musik kami banyak terinspirasi dari lagu-lagu rock band Amerika dan Inggris.

Q : Kalian menyanyikan lagu untuk dua Tales series. Apakah kalian akan menyanyikan lagu untuk seri selanjutnya?

A : We want hahaha jika ada kesempatan kami ingin melakukannya lagi.

Q : FLOW sudah empat kali perform di Singapura Apakah ada hal yang ingin kalian lakukan atau rindukan dari Singapura?

A : Sayang sekali setelah kami selesai perform kami harus segera kembali Jepang untuk live di Sendai. Kami ingin mengunjungi Gardens by the Bay dan jika kembali lagi atau kalau ada waktu lebih itu salah satu tempat yang ingin kami kunjungi.

Q : Apakah kalian ada rencana untuk menyanyikan lebih banyak lagu tema untuk anime?

A : We want hahaha. Kami berkolaborasi dengan Granrodeo untuk menyanyikan lagu tema untuk anime Nanatsu no Taizai yang baru.

Q : FLOW telah banyak menyanyikan lagu tema untuk berbagai anime populer. Apakah diantara anime tersebut ada yang menjadi kesukaan kalian?

A : Naruto dan Code Geass hahaha

Q : Apakah para fans bisa mengharapkan lebih banyak lagu kolaborasi FLOW dan Granrodeo di masa depan?

A : Kami menikmati kolaborasi dengan Grandrodeo. Kishow-san benci naik pesawat namun kami berhasil mengajaknya ke Taiwan dan ini merupakan awal yang baik dan kalau Granrodeo bisa datang ke Singapura kedepannya, mudah-mudahan kami bisa melakukan kolaborasi lagi dengan mereka sebelumnya.

Q : Apakah ada pesan yang ingin disampaikan untuk fans pada saat perform nanti?

A : Konser itu tidak hanya sekedar artis saja yang perform, kami melihat banyak kekuatan dari fans yang menikmatinya. Jadi itu seperti berbagi kekuatan antara para penonton dan artis. Kami berharap para penonton dapat merasakan gairah yang sama ketika kami perform nanti dan itu akan memberikan kami kekuatan untuk terus perform di masa depan.

Q : Dari semua lagu FLOW, lagu manakah yang paling mengesankan untuk kalian?

A : GO!!! hahaha. . Dalam mini album 15th Anniversary kami, para seiyuu Naruto ambil bagian menyanyikan lagu tersebut dan ini merupakan lagu yang penting untuk kami. Ini juga merupakan lagu pertama kami yang menjadi lagu tema untuk anime dan menjadi semacam kick-off untuk memperluas ekspansi kami di dunia anisong itu sebabnya lagu tersebut sangat spesial untuk kami. Malam ini kami juga akan menyanyikannya hahaha.

Tanpa terasa sesi eksklusif interview dengan FLOW pun sudah usai.

Demikianlah interview antara tim Otacouncil bersama FLOW. Mudah-mudahan kedepannya FLOW berkesempatan untuk bisa mengunjungi Singapura dan Indonesia lagi dan kami mendapat kesempatan lagi untuk melakukan interview lebih lanjut bersama FLOW.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.