Apa Yang membuat Seorang Seiyuu Keluar Dari Agencynya dan Menjadi Freelance ?

Apakah anda penasaran kenapa seorang seiyuu keluar dari agency yang telah menaunginya setelah sekian lama ? Dalam artikel kali ini Masa-san akan membahas sedikit tentang agency & semoga dengan ini semua pertanyaan anda menjadi jelas. Terkadang bergabung dengan Agency terkenal saja tidak cukup untuk mendapatkan job yang bagus, seiyuu juga harus mempunyai hubungan baik dengan manajernya. Karena pada umumnya, manajerlah yang menentukan seiyuu mana yang dikirim ke audisi.

Jika punya hubungan buruk dengan manajer, maka bisa-bisa seiyuu yang bersangkutan tidak bisa mengikuti audisi apapun. Karena itu apa yang dilakukan Seiyuu Oozora Naomi saat dulu rajin mendatangi agencynya tiap hari walau tidak ada keperluan adalah hal yang tepat, dengan begitu manajernya bisa bersimpati dan menotis keberadaan Oozora Naomi yang pantang menyerah.

Seiyuu keluar dari sebuah Agency dan pindah ke agency lain maupun menjadi freelance disebabkan beberapa hal seperti tidak puas dengan menajemennya atau ada juga seiyuu yang mengikuti manajernya yang pindah ke agency lain atau mendirikan agency baru. Ketika seorang seiyuu tidak mendapatkan peran dalam waktu lama maka ada beberapa kemungkinannya yaitu bertikai dengan manajer sehingga tidak dikirim ke audisi apapun, gagal terus dalam audisi, sakit atau hamil.

Seiyuu yang keluar dari agencynya dan tetap menjadi freelance sampai bertahun-tahun tanpa bergabung ke agency baru merupakan suatu hal yang langka. Walaupun dengan menjadi Freelance seiyuu bisa mendapatkan jadwal yang lebih fleksibel & pendapatan yang lebih banyak karena bayarannya tidak dipotong agency, tapi untuk mendapatkan pekerjaan akan menjadi lebih sulit. Biasanya seiyuu yang memutuskan freelance selamanya adalah Seiyuu yang punya koneksi kuat dengan banyak produser & sutradara, atau mempunyai skill seiyuu yang luar biasa.

Ada juga yang sedari awal tidak diurus oleh Agency, seperti Nazuka Kaori, yang menjadi agennya adalah Ibunya sendiri, tapi ketika Kaori sudah dewasa, beliau mengurus sendiri semua aktivitasnya. Seiyuu yang pernah jadi Freelancer selama setahun lebih tapi tetap rutin mendapatkan pekerjaan adalah Arai Satomi, Kobayashi Yumiko, Takagi Wataru, Narita Ken, Yuki Hiro, Asakawa Yuu, Yusa Koji, Takahashi Chiaki, Yajima Akiko. Hosoya Yoshimasa, Shimizu Ai & Goto Saori. Mereka semua sudah membangun reputasi & kepercayaan ke berbagai pihak, sehingga banyak yang tak ragu untuk memberi mereka pekerjaan.

Leave a Reply