Sebuah Penjara di Perfektur Yamaguchi Mendidik Tahanannya Untuk Menjadi Asisten Mangaka

Mine Rehabilitation Program Center adalah Penjara pertama yang didirikan dengan kolaborasi sektor private & public pertama di jepang, Penjara yang didirikan tahun 2014 tersebut mempunyai cara yang unik mendidik tahanannya yaitu dengan menjadi Asisten Mangaka. Hal tersebut dimulai ketika Mangaka Sonoba Ryo terkejut dengan kemampuan menggambar para tahanan yang cukup bagus. Sonoba-sensei kemudian mendaftar menjadi sukarelawan untuk program seni, sehingga para tahanan bisa mendapatkan kesempatan menggunakan Komputer & Stylus Tablet.

Setelah kemampuan para tahanan meningkat pesat, Sonoba-sensei kemudian merekrut para tahanan tersebut untuk menjadi asistennya. Rencana Sonoba-sensei sukses besar, sehingga banyak tahanan lain yang mencoba menempuh jalan tersebut. Pada Bulan April 2017, Sonoba-sensei kemudian membuka website dimana para tahanan bisa menjual background art yang digambarnya dengan harga 300 yen sampai 600 yen.

Para mangaka lain juga mengikuti langkah Sonoba-sensei dengan merekrut para tahanan sebagai mangaka, para tahanan juga senang bisa dipakai di berbagai mangaka, walaupun mereka belum pernah bertemu mangaka yang bersangkutan. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh background art yang digambar para tahanan :

Bisa dilihat dari background art diatas, kualitasnya diatas rata-rata, sehingga tak heran banyak manga yang menggunakannya. Mungkin dalam waktu dekat kita bisa melihat mantan tahanan yang menjadi mangaka populer. Mungkin lain kali kalau Kubo Tite mengeluarkan manga baru dan masih malas menggambar background, lebih baik menggunakan jasa mereka saja, lol.

Source : Cetus News, Mangaka Honpo

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.