Penerimaan Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat : RajaSamsung

Tentang PPDB Jawa Barat untuk Pendidikan SMA/Vokasi

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan PPDB Jawa Barat  atau penerimaan baru, dimana di akhir semester banyak mahasiswa atau mahasiswi yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi PPDB.

Banyak siswa merasakan dilema tentang sekolah mana yang harus dipilih atau jika mereka masuk universitas, masalahnya tidak hanya di kampus, tetapi juga apa yang penting untuk dipilih. Selain itu, pilihan sekolah akan berdampak pada rencana jangka panjang siswa, terutama bagi mereka yang akan melanjutkan ke pendidikan menengah atau kejuruan.

Kebanyakan orang ingin bersekolah di sekolah hebat favorit mereka, apakah itu sekolah menengah negeri atau swasta, dan bahkan banyak orang yang mengantri dan bersedia menjadi cadangan. Bahkan beberapa orang tua rela mengeluarkan biaya tambahan dan hal-hal yang termasuk menyontek untuk masuk ke sekolah yang hebat.

Sementara itu, PPDB Jawa Barat tetap menggunakan sistem yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sistem zonasi. Mulai dari siswa SMP yang bersekolah di SMA atau SMK, siswa SD yang masuk SMP dan lainnya masih menggunakan sistem zonasi yang beroperasi secara online saat ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sendiri telah mengalihkan pelaksanaan PPDB untuk sekolah menengah atau smk pada tahun ajaran 2020-2021.

Untuk tahap kedua, yakni mulai 25 Juni hingga 1 Juli 2020, tidak perlu ke sekolah terkait karena harus mengakses website PPDB Jabar   melalui http://siap-ppdb.com/jabar.

Setelah mengakses halaman website yang tertera di atas, Anda akan diarahkan ke homepage. Di beranda situs atau portal PPDB, Anda dapat melihat informasi tentang perekrutan mahasiswa baru pada tahun atau periode yang relevan, 2020-2021, yang memiliki beberapa jalur seleksi alternatif.

Untuk mendapatkan informasi terbaru, Anda harus selalu mengakses halaman situs. Jangan sampai anda melewatkan informasi penting mengenai pendaftaran PPDB Jawa Barat  atau dokumentasi lengkap  untuk mendaftar di sekolah tujuan, apalagi jika sekolah tersebut sudah menjadi sekolah favorit anda sejak lama.

Apalagi sekarang semua data bisa didapatkan dengan mudah, Anda hanya perlu mengandalkan smartphone dan jaringan internet Anda. Tidak perlu pergi ke sekolah yang ingin kamu daftarkan, dan kamu masih bisa mendapatkan informasi melalui metode online, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, semakin disarankan untuk mendaftar dari rumah.

Cara mendaftar di portal PPDB

Penerimaan mahasiswa baru kemungkinan akan dilakukan secara online, bahkan situs web tersedia untuk setiap daerah, termasuk Jawa Barat. Anda dapat mengakses portal untuk mendapatkan siswa baru sesuai jadwal, seperti yang disebutkan di atas, ada 2 langkah dengan cara berikut:

  1. Akses website PPDB Jabar yang disediakan pemerintah.
  2. Anda dapat mengaksesnya menggunakan browser di smartphone, tetapi untuk lebih jelasnya, Anda dapat menggunakan perangkat komputer.
  3. Anda diminta untuk membuat akun di portal PPDB terlebih dahulu.
  4. Setelah membuat akun, segera masuk, lalu masuk di halaman utama, pilih kabupaten atau kota tempat Anda tinggal atau tempat mendaftar.
  5. Setelah mengklik opsi kabupaten atau kota, Anda akan diarahkan ke opsi level, apakah itu sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), atau sekolah menengah atas (SMA).
  6. Setelah memilih tingkat sekolah, saatnya memilih jalur pendaftaran.
  7. Secara umum, ada tiga rute paling umum yang dapat Anda pilih di portal PPDB: rute sukses, rute transfer orang tua atau wali, dan rute zonasi.
  8. Pilih rute yang Anda inginkan, lalu daftar online dengan memasukkan dokumen yang diperlukan.
  9. Setelah itu, pihak sekolah akan mengecek pendaftaran atau aplikasi akun untuk berkas yang diterima.
  10. Setelah itu, Anda hanya perlu mengecek hasil seleksi secara online.

Rute pendaftaran online yang paling umum

Seperti pembahasan di atas, ada beberapa rute saat mendaftar online di portal. PPDB Jawa Barat  Pertama, jalur sukses ini diperuntukkan bagi calon peserta didik atau mahasiswa berprestasi akademik di luar lingkungan sekolah sehingga keberhasilannya dapat dijadikan penentu seleksi.

Prestasi ini dapat menambah nilai, tetapi jalur keberhasilan jumlah siswa yang diterima hanya sekitar 5% dari total kemampuan sekolah. Ada juga jalur zonasi, dan jalur ini adalah yang paling umum karena memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat sekolah.

Jumlah siswa yang akan diterima nantinya melalui jalur zonasi sekitar 90% dari total daya tampung sekolah. Konsep zonasi tergantung pada kewenangan masing-masing pemerintah daerah, sedangkan jalur pemindahan orang tua adalah untuk siswa yang tinggal di luar distrik sekolah.

Demikian pula, jalur keberhasilan di jalur transfer orang tua atau wali hanya 5% dari total kapasitas sekolah. Memang pemerintah saat ini memprioritaskan jalur zonasi, namun untuk sesama kanal zonasi tetap akan berlomba-lomba menggunakan rapor.

Apa yang terjadi jika Anda mengalami masalah saat mendaftar di portal PPDB?

Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan atau membutuhkan informasi lebih detail di website PPDB Jawa Barat, tenang saja karena pendaftaran online sebaiknya dibantu oleh guru atau wali kelas dari sekolah asal. Oleh karena itu, Anda dapat meminta bantuan guru kelas dari sekolah sebelumnya untuk mendaftar ke tingkat pendidikan berikutnya.

Namun, jika anda masih mengalami kendala atau memiliki informasi tambahan yang ingin anda tanyakan, anda bisa menghubungi Pusat Layanan PPDB yang buka dari Senin hingga Jumat, pada jam kerja pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, anda bisa menghubungi nomor yang tertera 500250 atau mengirim email.

Jika Anda ingin mengirim email untuk keluhan atau masalah yang  dihadapi   , Anda dapat mengirim pesan di marketing@siap-online.com.

Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat Anda mendaftar secara online: selalu perbarui informasi terbaru tentang PPDB di sekolah tujuan agar Anda tidak ketinggalan informasi penting, karena setiap sekolah memiliki persyaratan yang berbeda untuk dokumentasi lengkap dan sistem zonasi yang berbeda.

Periksa integritas dokumen dan persyaratan yang diperlukan, tentu saja, Anda perlu berkonsultasi dengan orang tua dan guru atau guru kelas ketika memilih sekolah di tingkat berikutnya. Sebelum mendaftar ke portal PPDB Jawa Barat  , Anda harus memilih sekolah berdasarkan kemampuan dan persyaratan yang berlaku.

Read More :