Bunkasai Ke-24 Unitomo Surabaya (Japan Fun Festival) Akan Diadakan 25 Maret 2018

Budaya merupakan hal yang hubungannya sangat erat dengan kehidupan bermasyarakat. Berawal dari sebuah gagasan, kemudian menjadi rutinitas yang dilakukan secara turun temurun dan menjadi identitas serta ciri khas suatu negar atau daerah.

Berdasarkan latar belakang tersebut, para Mahasiswa Fakultas Sastra Program Studi Sastra Jepang, yang mempelajari tentang tata bahasa, sastra, sejarah, seni, dan budaya Jepang bermaksud mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk memperkenalkan bahasa, sastra, seni, dan budaya Jepang kepada masyarakat luas dalam bentuk Festival Kebudayaan Jepang, atau lebih dikenal dengan “Bunkasai (文化祭)”.

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya rutin menyelenggarakan Bunkasai satu kali dalam tiap tahunnya. Pada 12 April 2017, Bunkasai ke-23 yang lalu beralih nama menjadi “JAPAN ADDICT FESTIVAL (JAF)”. Untuk tahun 2018 yang merupakan pelaksaan Bunkasai ke-24, “JAPAN ADDICT FESTIVAL (JAF)” diubah menjadi “JAPAN FUN FESTIVAL (JFF)”.Pelaksanaan JFF pada tahun 2018 ini bertemakan “Origami no Matsuri (折り紙の祭り)” yang berarti “Festival Origami”.

Tujuan para Mahasiswa Fakultas Sastra Program Studi Sastra Jepang menggunakan tema ini adalah untuk memperkenalkan budaya origami kepada masyarakat melalui festival bernuansa origami. Origami adalah sebuah seni melipat kertas menjadi suatu bentuk yang sederhana maupun rumit yang berasal dari Jepang. Dengan mengangkat tema tersebut, mereka berharap akan mampu meningkatkan minat pengunjung terhadap origami dan memacu semangat para pengunjung dan peserta. Adapun kegiatan yang akan direalisasikan oleh panitia JFF antara lainadalah lomba yang ditujukan untuk siswa SMA, SMK se-derajat maupunmasyarakat umum, hiburan bernuansa Jepang, klub-klub kejepangan yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo, dan dekorasi menarik yang akan mendukung suasana acara.

Kegiatan ini bertujuan sebagai berikut :

  1. Sebagai sarana informasi dan pengetahuan budaya Jepang.
  2. Sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antara Jepang dan Indonesia.
  3. Sebagai sarana implementasi dan uji kemampuan pelajar SMA se-derajatmengenai pengetahuan bahasa, sastra, seni, dan budaya Jepang.
  4. Sebagai sarana penyalur hobi dan bakat di bidang bahasa, sastra, seni, danbudaya Jepang.
  5. Sebagai sarana untuk melatih kegiatan berorganisasi bagi Mahasiswa Fakultas Sastra Program Studi Sastra Jepang.

Kegiatan ini juga diharapkan membawa manfaat sebagai berikut :

  1. Masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami tentang budaya Jepang.
  2. Terjalinnya hubungan yang baik antara Jepang dan Indonesia.
  3. Pelajar SMA se-derajat dapat mengimplementasikan dan uji kemampuanmengenai pengetahuan bahasa, sastra, seni, dan budaya Jepang.
  4. Masyarakat, terutama remaja (siswa SMA dan sederajat), mampu menyalurkan hobi dan bakatnya di bidang bahasa, sastra, seni, dan budaya Jepang.

Pelaksanaan Japan Fun Festival (JFF)

Hari, Tanggal : Minggu, 25 Maret 2018
Waktu : 06.30 – 19.00 WIB
Tempat : Lapangan dan Gedung F Lantai 1-5 Universitas Dr. Soetomo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.