Mengakhiri Hidupnya Dengan Tragis, Member Dari Grup Idol Enoha Girls Honoka Oomoto Meninggal Di Usia 16 Tahun

Kabar duka kembali merundungi dunia peridolan. Salah satu member idol Enoha Girls Honoka Oomoto ditemukan tewas (21/3) dan dilaporkan karena bunuh diri. Kabar ini tentu membuat kita menjadi sedih melihat seorang gadis manis dengan mimpi besar yang membawa kegembiraan bagi banyak orang tersakiti dan akhirnya mengakhiri hidupnya.

Enoha Girls sendiri adalah grup idol yang berbasis di prefektur Ehime dengan konsep pertanian. Tujuan grup mereka sendiri adalah untuk memperkenalkan Ehime ke seluruh Jepang dan dunia membuat orang-orang tertarik pada pertanian serta membuat kesan untuk para wanita yang melakukan pekerjaan pertanian tidak dipandang rendah. Para member idol ini masing-masing bertani sebagai bagian dari aktivitas grupnya. Enoha Girls debut pada tahun 2012 dan mereka telah merilis 8 CD Single. Tiga single terbarunya Agrhythm, Monochrome, dan Berry Berry dirilis secara nasional dan dijual di CDJapan. Grup idol ini kebanyakan berfokus dan tampil dalam wilayah mereka dan pada acara pertanian. Pada tahun 2016 mereka tampil Tokyo Idol Festival dan tampil bersama mantan anggota Berryz Koubou / Country Girls Momoko Tsugunaga dan anggota Country Girls Risa Yamaki.

Enoha Girls hanya memiliki sedikit konten yang diproduksi secara profesional, akan tetapi mereka sudah banyak tampil di berbagai tempat dan para fans diijinkan untuk memfilmkan live mereka dan banyak video berkualitas tinggi mereka yang dishare di situs streaming video. Satu kalimat utk menggambarkan grup ini adalah grup idol dengan budget rendah namun memiliki pesona yang unik dan khas.

Honoka sendiri masih berusia 16 tahun saat dirinya ditemukan sudah tidak bernyawa dan memulai karirnya di Enoha Girls saat berusia 14 tahun. Honoka memutuskan untuk menjadi idol karena merupakan fans berat dari grup idol Momoiro Clover Z dan AKB48. Awalnya Honoka tidak tertarik pada dunia pertanian namun setelah bergabung mulai menikmatinya dan menjadi salah satu hobinya. Honoka menuliskan hobinya adalah “tennis, tennis, pertanian, dan tennis” . Dalam opininya, strong pointnya adalah kepribadian ponkotsunya ( sindiran halus untuk orang yang tidak bisa berbuat apa-apa atau tidak berguna) dan weak pointnya adalah kecenderungannya untuk menggoda orang lain. Makanan favoritnya adalah omurice buatan ibunya dan alpukat. Honoka juga merupakan fans dari Monster Hunter, Initial D, Tekken, Osomatsu-san, Nanatsu no Taizai, dan yume kawaii fashion. Karena menyukai alpukat, Honoka menanam alpukat di green house Enoha Girls bahkan menamai tanaman tersebut dan menganggapnya sebagai keluarga. Tanaman tertentu sulit tumbuh di Jepang dan membutuhkan waktu 10 tahun untuk membesarkannya. Honoka pun sangat menantikan momen tersebut untuk melihat hasilnya.

Mereka yang mengenal Honoka mengatakan bahwa dia adalah seorang gadis yang sederhana dan lugu dengan senyuman yang menenangkan. Honoka dikatakan seperti matahari mini untuk orang-orang di sekitarnya yang sangat berbakat dalam menyemangati orang dan dengan cepat mencerahkan sekelilingnya.

Kita dapat mengetahui banyak fans Enoha Girls yang menyukai Honoka dilihat dari banyaknya rekaman videonya dibanding member lainnya yang beredar di YouTube.

Kematian Honoka tentu membuat shock banyak orang, Honoka sempat tampil beberapa hari sebelum ditemukan meninggal dan penggemarnya pun tidak melihat ada tanda-tanda bahwa dia sedang depresi atau tertekan. Tak lama setelah kematiannya, laporan di twitter mulai bermunculan mengatakan Honoka bunuh diri. Manajemen Enoka Girls tetap diam tentang masalah ini sampai tanggal 23. Pada tanggal 23, manajemennya akhirnya berbicara namun tidak menyinggung soal Honoka dan hanya mengatakan akibat berbagai keadaan, Enoha Girls akan hiatus sementara. Salah satu sumber yaitu sahabat Honoka mengatakan bahwa Honoka dikhianati oleh presiden perusahaan Enoka Girls dan pada saat Honoka bunuh diri, pikirannya dipenuhi dengan pikiran pengkhianatan ini. Upacara pemakaman terbuka diadakan untuk Honoka di prefektur Ehime Matsuyama pada tanggal 24 jam 1:30 siang. Pada tanggal 26, manajemen Enoha Girls kembali mengeluarkan pernyataan dan lagi-lagi tidak mengatakan hal apapun tentang Honoka secara khusus mengatakan meskipun ada berbagai informasi yang beredar dan pertanyaan telah diajukan kepada mereka, mereka tidak dapat berkomentar apapun karena keinginan keluarga Honoka.

Kebanyakan dari fans dan otaku idol mempercayai sebelum kematian Honoka, presiden perusahaannya menggunakan kekuasaannya untuk memanfaatkannya dalam beberapa hal. Namun mustahil untuk mengetahui yang sebenarnya terjadi dan hal tersebut semakin membuat situasi semakin buruk bahkan semakin buruk. Ada banyak potensi kekerasan atau penyalahgunaan dalam industri idol terutama itu datang dari grup idol underground dimana para gadis tersebut tidak dikenal dan mudah untuk dipakai. Ini juga merupakan industri dengan bayaran sangat rendah, jam kerja yang panjang, dan tekanan yang ekstrem terus menerus seperti mengupdate detail kehidupan di medsos, terlihat cantik setiap saat dan membuat fans senang dengan cara apapun. Jepang terkenal buruk dalam menangani penyakit mental dan berada di lingkungan sejenis ini terutama pada usia yang sangat muda dapat menyebabkan beberapa idol terjerumus ketempat yang sangat gelap. Masih tidak jelas apakah Enoha Girls akan memulai aktivitas mereka kembali dengan tiga anggota tersisa dan perusahaan mereka saat ini diserang oleh para otaku idol. Namun jujur, akan lebih baik untuk sisa member yang ada lebih baik keluar.

Hanya dengan melihat foto Honoka dan menonton video yang menampilkannya, kita bisa melihat kekuatan dalam penampilan energetiknya, kepribadian yang menyenangkan dan senyum lebarnya. Sudah jelas Honoka sudah membuat hidup banyak orang didekatnya dan fans menjadi lebih berwarna dan Honoka akan selalu dirindukan. Terima kasih untuk semuanya, Honoka.

Source : yestiger

3 Comments

Leave a Reply